Brazil Hajar Kosta Rika 2-0

Medanmerdeka.com – Timnas Brasil akhirnya meraih poin penuh di laga Grup E Piala Dunia 2018. Pada matchday kedua melawan Kosta Rika di Saint-Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018), mereka menang 2-0 atas Kosta Rika.

Adalah Philippe Coutinho dan Neymar yang tampil sebagai pahlawan kemenangan Timnas Brasil pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2018 itu. Keduanya mencetak gol penentu kemenangan saat laga sudah memasuki injury time.

Kini, peluang Brasil untuk melaju ke 16 besar semakin terbuka. Mereka kini tinggal menanti hasil laga Serbia melawan Swiss. Lalu, laga melawan Serbia akan jadi penentu kelolosan mereka.

Jalan Pertandingan                                                                                   

Brasil langsung memberikan ancaman saat laga baru berjalan tiga menit. Lewat serangan yang terorganisasi, Philippe Coutinho melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, arahnya masih jauh dari sasaran.

Dominasi Brasil membuat hampir seluruh pemain Kosta Rika berada di daerahnya sendiri. Mereka mencoba untuk mengandalkan serangan balik dengan meninggalkan Marco Urena sendirian di depan.

Brasil mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti Kosta Rika usai Willian dijatuhkan. Sayang, kesempatan yang didapat di menit ke-10 itu gagal dimaksimalkan Neymar untuk memberikan umpan yang tepat kepada rekan-rekannya.

Kosta Rika mendapatkan peluang di menit ke-13. Lewat skema serangan balik, Celso Borges gagal memaksimalkan operan dari sisi kanan yang diterimanya di dalam kotak penalti Selecao. Padahal, saat itu Borges dalam kondisi tak terkawal.

Meski mendominasi permainan, Brasil belum benar-benar menciptakan peluang emas sejauh ini. Sejauh ini, ancaman-ancaman yang diberikan tim besutan Tite itu hanya lewat tendangan bebas. Salah satunya adalah di menit ke-23, tapi free kick Neymar kembali gagal disambut rekan-rekannya.

Kebuntuan di lini depan Brasil sampai memaksa Marcelo ikut rajin membantu serangan. Bahkan, ia sempat melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti di menit ke-29 yang masih melebar di sisi kiri gawang Kosta Rika kawalan Keylor Navas.

Itu bukan satu-satunya percobaan yang dilakukan Marcelo. Di menit ke-41, ia juga sempat mencoba untuk menjebol gawang rekan setimnya di Real Madrid itu. Namun, lagi-lagi upayanya tak membuahkan hasil. Babak pertama pun ditutup dengan skor 0-0.

Babak kedua diawali dengan pergantian pemain Brasil. Willian ditarik dan digantikan Douglas Costa. Di menit ke-48, sempat terjadi kemelut di dalam kotak penalti Kosta Rika. Untung bagi Kosta Rika, Navas masih bisa mengamankan bola.

Dua menit kemudian, Brasil mendapatkan peluang emas. Sialnya, sundulan Gabriel Jesus yang menyambut umpan silang masih terhalang tiang gawang. Memasuki menit ke-56, peluang emas kembali didapat Brasil. Kali ini giliran Neymar yang gagal menaklukkan Navas meski dalam posisi tak terkawal.

Berbagai upaya yang tak membuahkan hasil membuat Neymar makin bersemangat. Memasuki menit ke-60-an, tampak bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu jadi pemain yang paling sibuk di lini depan Brasil. Tapi, keberuntungan belum membuat Neymar bisa menaklukkan Navas.

Peluang emas yang kesekian kalinya didapat Brasil di menit ke-72. Neymar sempat mencuri bola dari mencurinya dari Johnny Acosta. Sayang, tendangan dari sisi kotak penalti melambung tipis di atas gawang Kosta Rika.

Sempat terjadi insiden di menit ke-78. Neymar terlihat dilanggar Giancarlo Gonzalez di kotak penalti Kosta Rika. Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, tapi kemudian ia merevisinya setelah melihat Video Assistant Referee (VAR). Wasit menganggap tak ada kontak yang berlebihan kepada Neymar.

Kebuntuan Brasil akhirnya terpecahkan di menit ke-90+1. Berawal dari umpan di sisi kiri, Jesus dengan leluasa memberikan assist yang memudahkan Coutinho untuk mencetak gol n. Di menit ke-90+7, Neymar menggenapkan kemenangan Brasil usai memanfaatkan assist Costa. Laga pun ditutup dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain

Brasil: Alisson; Joao Miranda, Thiago Miranda, Fagner, Marcelo, Paulinho (Roberto Firmino 68), Philippe Coutinho, Casemiro, Willian (Douglas Costa 46), Neymar, Gabriel Jesus (Fernandinho 90+3)

Pelatih: Tite

Kosta Rika: Keylor Navas; Bryan Oviedo, Oscar Duarte, Cristian Gamboa (Francisco Calvo 75), Giancarlo Gonzalez, Johnny Acosta, Celso Borges, David Guzman (Yeltsin Tejeda 83), Johan Venegas, Bryan Ruiz, Marco Urena (Christian Bolanos 54)

Pelatih: Oscar Ramirez.(am/mm)

Comment