Wujudkan Labuhan Batu Sehat

Andi Suhaimi Dorong Tenaga Perawat Tingkatkan Kompetensi

Plt Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunte terus bekerja keras memotivasi dan mendukung tenaga perawat untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi demi terwujudnya Labuhan Batu Sehat.(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

LABUHAN BATU – Untuk meningkatkan pelayanan dalam menangani pasien rumah sakit dan puskemas, serang perawatan harus memiliki kualitas dan berkompetensi. Untuk mencapai tujuan ini, Pemkab Labuhan Batu terus berupaya mengirimkan sejumlah perawatannya mengikuti sejumlah pelatihan.

Plt Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe mengatakan, selain meningkatkan kualitas dan kompetensi perawat, pelatihan juga bertujuan memberi bekal dalam penanganan pasien gawat darurat trauma dan kardiovaskular.

“Seorang perawat harus bisa bertindak cepat dan juga teliti, mengingat peran vitalnya dalam melakukan penyelamatan kepada pasien. Untuk itu, para perawat harus menguasai skill penanganan pasien dengan sigap,"kata Andi Suhaimi.

Oleh karena itu, Andi Suhaimi Dalimunthe mengapresiasi pelatihan yang diikuti putra-putri terbaik Labuhan Batu serta menaruh harapan besar agar tenaga kesehatan di Labuhan Batu dapat meningkatkan kompetensi. Sehingga, mereka bisa memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Untuk mencapai Labuhan Batu Sehat, Andi Suhaimi terus berkoordinasi dengan seluruh elemen yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

“Dengan kondisi masyarakat dan lingkungan yang sehat, maka pembangunan di segala bidang di Labuhan Batu ini bisa berjalan,” kata Suhaimi.

Hal ini juga diungkapkan Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Labuhanbatu, Aswin Syahputra,S.Kep,Ns,MKM, yang beberapa waktu lalu mengikuti Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) yang diselenggarakan DPW PPNI Sumut, di Sibuhuan, Padang Lawas (Palas).

Dijelaskan Aswin, sebagai utusan Pemkab Labuhan Batu dibawah kepemimpinan H Andi Suhaimi Dalimunthe, dia sebagai pemateri pelatihan meningkatkan kompetensi perawat dalam penanganan kondisi emergency (darurat).

“Sebagaimana visi misi Plt Bupati H Andi Suhaimi, kita harus berperan aktif dan bergotong royong untuk menciptakan Labuhan Batu Sehat,” kata Aswin.

Pelatihan tersebut ditujukan kepada para perawat/tenaga medis yang sudah bekerja di rumah sakit dan klinik. Sebagaimana arahan Plt Bupati, ke depan kemungkinan diikuti oleh mahasiswa keperawatan dan kebidanan, sebagai penambah pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan pasien gawat darurat.

Nantinya, para peserta pelatihan juga dibekali pengetahuan tentang perlindungan hukum atas profesinya. Dalam pelatihan dijelaskan, pekerjaan tenaga kesehatan (nakes) dalam situasi menyelamatkan nyawa, mencegah cacat dan kepentingan terbaik bagi pasien dilindungan penuh oleh undang-undang.

Sambung Aswin, pelatihan serupa sebelumnya sudah digelar di Labuhan Batu. Dan, animo para perawat yang mengikuti pelatihan tersebut cukup besar. "Kalau untuk Labuhan Batu sendiri sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan akan kembali digelar untuk memberikan pembekalan bagi para perawat," ujarnya.

Penulis: Agung
Editor: Redaksi

Baca Juga