Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya

Antisipasi Teroris, Perkuat Deteksi Dini

SIDIMPUAN - Polres Kota Padangsidimpuan sudah melakukan upaya peningkatan deteksi dini dan penyelidikan jaringan dan sel sel teroris. Tindakan itu untuk mencegak masuknya jaringan terlarang tersebut ke Kota Salak.

"Upaya peningkatan deteksi dini dan penyelidikan jaringan dan sel sel teroris sudah dilakukan,"ujar Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, Rabu (13/02/2019).

Namun, sayangnya, Kapolres tidak menjelaskan sistem deteksi dini yang dimaksud karena menyangkut rahasia penyelidikan.

Selain itu kata Hilman, Polres Kota Padangsidimpuan juga akan rutin melakukan razia diperbatasan atau pintu masuk ke Kota Padangsidimpuan.

Menurutnya, cara seperti itu merupakan langkah yang tepat untuk memutus jaringan keluar masuknya teroris."Tentunya, semua kendaraan baik yang masuk maupun keluar akan dilakulan razia rutin," terangnya.

Hilman menjelaskan, pencegahan yang paling efektif adalah dari masyarakat. Peran serta masyarakat untuk mengantisipasi masuknya teroris sangat dibutuhkan.

Informasi-informasi berawal dari masyarakat, sehingga pihak penegak hukum cepat melakukan tindakan pengamanan.

Pola pikir masyarakat tentang bahaya teroris harus lebih dimaksimalkan, sehingga apabila teroris mencoba masuk, maka mereka lebih awal berhadapan dengan masyarakat.

Masyarakat di Kota Padangsidimpuan harus bersatu untuk melawan teroris. Sudah banyak efeck negativ dengan kehadiran organisasi terlarang itu.

"Ayo kita lawan bersama, kerjasama yang baik dengan masyarakat akan mempermudah tugas-tugad kepolisian,"imbuhnya. Dia meminta kepada pemerintah untuk aktif dalam pencegahan keberadaan teroris.

Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Padangsidimpuan, Khoiruddin Nasution, mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh Polres Kota Padangsidimpuan.

Menurutnya, kebijakan itu tentunya akan memberikan rasa yang nyaman bagi masyarakat, mengingat, beberapa hari yang lalu daerah tetangga Kota Padangsidimpuan mengalami peristiwa yang sangat memilukan hati.

"Atas nama masyarakat dan Fraksi Demokrat, saya mengucapkan terima kasih, karena pihak kepolisian sudah memberikan rasa aman," ujarnya.(mm)

Penulis: Thoriq
Editor: Redaksi

Baca Juga