Angkatan Kerja di Sumut Ikut Bimtek SKKNI di Asahan

Plt Bupati Asahan diwakili Kadis Kominfo Asahan H Rahmad Hidayat Siregar bersama peserta Bimtek SKKNI.(Foto/MEDANmerdeka)

KISARAN - Sedikitnya 60 peserta angkatan kerja muda dari lima kabupaten/kota di Sumatera Utara, mengikuti Bintek Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Nasional Berbasis Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Kominfo, di Asahan.

SKKNI terselenggara atas kerjasama Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia Penelitian Kominfo Medan dengan Pemkab Asahan, Kamis (11/7/2019).

Plt Bupati Asahan diwakili Kepala Dinas Kominfo Asahan H Rahmat Hidayat Siregar, yang membuka Bintek mengapresiasi terselenggarannya kegiatan dalam meningkatkan SDM di jajaran Kominfo sesuai tuntutan zaman.

Surya merasa bangga atas terpilihnya Kominfo Asahan sebagai tempat terselenggaranya pelatihan dan pengembangan SDM bidang IT.”Pelatihan ini penting karena akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan SDM teknologi informasi komunikasi, khususnya bagi tenaga kerja SMK, dan Diploma,” Kata Bupati.

Diera kemajuan global, begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi. Semua masyarakat, terutama angkatan kerja dituntut meningkatkan SDM dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Bimtek yang dilaksanakan hari ini, sambungnya, sejalan dengan Permenaker dan Transmigrasi Ri No 5/2012, tentang system standart komptensi kerja nasional (SKKNI), yang menjadi rumusan kemampuan para tenaga kerja yang mencakup aspek pengethauan,keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksana tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai undang-undang.

“Angkatan kerja kita ke depan dituntut mampu bekerja profeional dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi dengan SDM yang handal,” tegasnya.

Untuk itu, Bupati berharap, para peserta agar benar-benar mengikuti pelatihan dengan baik dan benar sehingga berhasil lulus dan memperoleh sertifikat kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).

Sambung Surya, dengan digelarnya pelatihan ini, maka harus terwujud angkatan kerja yang mampu mengisi lapangan kerja tersedia. Hal ini seiring kemajuan Kabupaten Asahan sesuai visi misi. “Generasi muda Asahan harus menjadi pelaku, dan bukan sebagai penonon,” tegas Surya.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Rahman Harahap, mengatakan, tujuan pelatihan SKKNI  bidang Komunikasi untuk meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi angkatan kerja.Manfaatnya, peserta mendapatkan keahlian dibidangnya melalu uji Kompetensi (Sertifikasi).

Kegiatan Fasilitasi sertifikasi Nasional diselenggarakan dalam bentuk pemberian materi pengantar sebagai bahan penyegaran kembali terhadap topik yang akan diujikan dan kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi.

Peserta pelatihan sebanyak 60 peserta, terdiri dari Asahan, Batubara, Paluta, Medan dan Tanjungbalai. Pelatihan diselenggarakan sejak tanggal 9 Juli hingga 13 Juli 2019, di Hotel Sabty Garden Kisaran.

Penulis: Rahmadika
Editor: Redaksi

Baca Juga