Baznas Asahan Kumpulkan Zakat Rp17,5 Miliar

Medanmerdeka.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Batubara melakukan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah mencapai lebih kurang Rp17,5 miliar. Wakil Bupati H Surya BSc yakin dan optimis, jika dana ini dikelola secara profesional dan transparan maka akan mampu mengentaskan kemiskinan.

Dikatakan H Surya, Allah SWT menciptakan manusia dengan berbeda-beda, dengan tujuan agar manusia saling berbagi dan mengasihi terhadap sesama. “Manusia yang diberi rezeki berlebih, maka berkewajiban untuk memberikan kelebihan rezekinya kepada orang lain yang berhak,” kata Surya, mewakili Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang, pada malam pengumpulan zakat, infaq dan sedekah Kabupaten Asahan, kemarin.

Dijelaskan H Surya, zakat merupakan salah satu ibadah pokok dan menjadi kewajiban bagi umat Islam. “Setiap individu maupun badan yang memiliki harta, zakatnya wajiba dikeluarkan sesuai yang sudah ditetapkan,” tegasnya.

Zakat, infaq dan sedekah merupakan bukti sosial yang sudahd iatur Allah SWT sebagai bentuk kepedulian dan bukti sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan  baik dalam bidang pendidikan, kesejahetraan sosial bagi orang-orang maupun masyarakat yang tidak berkecukupan.”Aturan-aturan agama ini sejalan dengan program yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Asahan,” tegasnya.

Komitmen Kabupaten Asahan sudah berjalan sejak tahun 2011 lalu dengan mengeluarkan intruksi kepada seluruh ASN, OPD untuk mengeluarkan zakat dan ifnaq penghasilan profesi yang disalurkan melalui Baznas Kabupaten Asahan. “Hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekah hingga pertengahan Juni 2018 mencapai Rp17, 5 miliar. Dan ini belum sepenuhnya, sebab masih banyak potensi-potensi yang belum memenuhi kewajiban,” kata H Surya.

Wakil Bupati optimis, jika potensi zakat dari muzakki Kabupaten Asahann dapat dihimpun dan dikelola secara profesional, transparan dan tepat sasaran, maka dana ini akan menjadi alternatif untuk menyelesaikan beragam masalah, termasuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Asahan.

Disamping kesadaran masyaraat akan membayar zakat setiap tahun meningkat, H Surya berharap pengelolaan zakat semakin baik, profesional sehingga tepat sasaran. Dengan begitu maka lembaga zakat mendapatkan kepercayaan dari masyarakat pula.”Lembaga zakat ke depannya juga harus bekerjasama dengan lembaga pemerintah, tokoh masyarakat, ulama dll.Hal ini patut dilakukan supaya segala persoalan dapat terselesaikan,” jelasnya.(dhika/mm)

Comment