Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban

Bupati Asahan H.Surya BSc meninjau pelaksanaan pemotongan hewan kurban. (foto/istimewa)

ASAHAN - Momentum Hari Raya Idul Adha atau sering disebut juga dengan Hari Raya Kurban sebagai salah satu Hari Besar bagi Ummat Islam se-dunia, menjadi wadah bagi ummat Islam untuk saling berbagi kepada sesama. Khusunya bagi Ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk menyembelih hewan kurban yang biasanya dilakukan pasca mengikuti Salat Idul Adha.

Namun 2 tahun ini (1441 H/2020 M dan 1442 H/2021 M) perayaan Hari Raya Idul Adha berbeda dari tahun sebelumnya. Indonesia termasuk dalam salah satu Negara yang terkena dampak dari pandemi COVID-19.

Karenanya, berbagai  pelaksanaan kegiatan baik pemerintahan, keagamaan maupun kemasyarakatan, seperti halnya pelaksanaan Sholat Ied Adha dan penyembelihan Hewan Qurban harus dilaksanakan dengan mematuhi Prokes COVID-19.

Hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Asahan, dengan menerapkan Prokes COVID-19 dalam pelaksanaan Sholat Ied Adha 1442 H/2021 M dan Penyembelihan Hewan Qurban.

Bukan itu saja Pemerintah Kabupaten Asahan juga mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16 Perihal Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Dimana pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi Protokol Kesehatan, jamaah Salat Idul Adha diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jamaah yang datang dari luar guna menghindari penyebaran COVID-19-19, jika ada jamaah yang terganggu kesehatannya BKM segera menghubungi Satgas COVID-19 Kecamatan/Desa/Kelurahan setempat, penyembelihan Hewan kurban agar tidak menimbulkan kerumunan dan panitia kurban agar menyalurkan daging hewan qurban kepada yang menerimanya dan membatasi/mengurangi mobilitas (tidak mudik, tidak berpergian ketempat keramaian).

Pasca laksanakan Salat Idul Adha, Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama beberapa OPD melakukan peninjauan ke sejumlah dinas OPD.

Hal tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, apakah sudah sesuai dengan himbauan dan intruksi dari Bupati Asahan, dimana intruksi tersebut mengatakan penyembelihan hewan qurban seyogyanya dilakukan di Dinas masing-masing, setelah itu menyerahkan daging qurban ketempat yang telah ditentukan untuk dibagikan kepada masyarakat yang menerima, sehingga tidak menimbulkan keramaian yang dapat memicu penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan, Selasa (20/07/2021)

Bupati Asahan H. Surya, BSc disela-sela peninjauannya juga mengatakan, sebagai Ummat Islam kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim as yang memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT yang luar biasa dengan rela menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail as atas perintah Allah SWT, yang kemudian dengan izin Allah SWT berubah menjadi seekor hewan sembelihan yang besar.

Maka dari itu sebagai masyarakat kita harus meniru sifat tauladan tersebut yaitu dengan mematuhi anjuran dan himbauan Pemerintah tentang Prokes COVID-19.

Senada dengan Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban. "Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah Qurban sebagai bentuk keikhlasan kita untuk berbagi kepada sesama.