Coffee Morning Bersama, Forkopimda Asahan-Tanjungbalai Desak Pengerukan sungai Asahan

Bupati Asahan H. Surya,BSc bersama Forkopimda menghadiri coffee morning bersama Lanal TB/Asahan, Rabu (13/1/2021). (foto/ist)

ASAHAN -  Bupati Asahan H. Surya,BSc bersama Forkopimda menghadiri coffee morning bersama Lanal TB/Asahan, Rabu (13/1/2021).

Komandan Lanal TB/ Asahan Letkol.Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Forkopimda Asahan dan Tanjungbalai.

Dalam kesempatan ini, Letkol Laut Robinson membahas tindaklanjut pengerukan sungai Asahan yang sangat urgen karena terjadinya pendangkalan sehingga membawa dampak buruk bagi lingkungan sekitarnya, bahkan bencana banjir.

Menanggapi hal ini, Bupati Asahan H.Surya BSc mengatakan pihaknya dan Pemkot Tanjungbalai sudah membuat kesepakatan untuk menyelesaikan persoalan sungai Asahan. Bahkan, pihaknya sudah menggandeng USU untuk melakukan kajian sedimentasi sungai.

Bahkan pembahasan yang dilakukan Pemkab Asahan dan Pemkot Tanjungbalai dihadiri Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian PUPR, Kemenhub, dan Menteri Perdagangan.

Hasilnya dari pertemuan ini, sambung Surya, menyimpulkan bahwa dampak sedimentasi sungai Asahan akan menimbulkan kerusakan lingkungan serta melemahkan ekonomi masyarakat. Untuk itu, pengerukan sungai Asahan sudah mendesak dilakukan. “Pemkab Asahan, Pemkot Tanjungbalai dan Forkopimda sepakat untuk dilakukannya segera pengerukan sungai Aashan,” tegas Surya.