Disnaker Asahan Raih Sertifikat ISO 9001-2015

PATEN : Disnaker Kabupaten Asahan menerima sertifikat ISO Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Maruli A Hasoloan.(foto:ist/mm)
PATEN : Disnaker Kabupaten Asahan menerima sertifikat ISO Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Maruli A Hasoloan.(foto:ist/mm)

Medanmerdeka.com -   Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Asahan menerima sertifikat International Organization For Standardization (ISO) 9001-2015 Dirjend Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja.

Sertifikat ISO 9001-2015 diserahkan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan kerja, Maruli A. Hasoloan kepada Plt Kadisnaker Asahan Nurdin, Kamis  (13/12/2018) di Asahan.

Kadisnaker Asahan, Nurdin mengatakan, penghargaan ISO 9001-2015 merupakan yang pertama diterima Kabupaten Asahan. Dan, prestasi ini patut dibanggakan, sebab dari sejumlah kabupaten/kota se-Indonesia, hanya 18 daerah yang mendapatkannya, salah satunya kabupaten Asahan.

ISO merupakan lembaga organisasi non pemerintah, , namun kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadikan landasan hukum melalui persetujuan dan atau standar nasional membuat lebih berpengaruh dari pada kebanyakan organisasi non pemerintah lainnya.

"Dalam prakteknya ISO menjadi konsorsium dengan hubungan yang kuat dengan pihak pihak pemerintah, dan Disnaker Kabupaten Asahan baru pertama kali ini dalam sejarah  memperoleh penghargaan serta menerima sertifikat seperti ini," kata Nurdin.

Untuk mendapatkan penghargaan ISO ini , Dinas Ketenaga kerjaan ini harus memiliki kreteria diantaranya mengikuti Implementasi ISO selama tiga bulan, dan mengikuti itu juga harus mengikuti jenjang proses trainning pemahaman ISO 9001 versi 2015, selanjutnya melakukan internal audit dan pada proses akhir  adalah pelaksanaan eksternal audit dari badan sertifikasi luar ."Sebelum dilakukan proses implementasi Dinas, dinas harus mengirimkan proposal ke kementrian tenaga kerja untk dilakukan verifikasi,"ungkapnya.(ir/mm)