Kader Posyandu Diharapkan Wujudkan Kabupaten Asahan Sehat

ASAHAN SEHAT: Ribuan kader posyandu Kabupaten Asahan diharapkan bisa mendukung dan menjemput penghargaaan Swastisaba Padapa dalam mewujudkan Kabupaten Asahan Sehat.(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com - Ribuan kader posyandu Kabupaten Asahan diharapkan bisa mendukung dan menjemput penghargaaan Swastisaba Padapa dalam mewujudkan Kabupaten Asahan Kabupaten Sehat.

Untuk mewujudkan hal tersebut diminta dukungan dan kerjasama semua pihak, termasuk peran besar para kader posyandu dalam menggerakkan masyarakat memenuhi  dan pencapaian indikator di tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Asahan menjadi Kabupaten sehat,” demikian kata, Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc saat menutup acara jambore kader posyandu ke 9 Asahan di lapangan Hoki Kisaran.

Surya menjelaskan jambore kader posyandu memiliki nilai yang sangat positif sekali, karena melalui kegiatan tersebut bisa memberikan pengetahuan yang lebih bagi para kader untuk bagaimana memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di Kabupaten Asahan.

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat dan menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.

“Jambore kader posyandu ini bertujuan meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, memberikan motivasi dan meningkatkan kapasitas para kader posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan serta lebih mempererat silaturahmi kebersamaan dan persatuan diantara sesama kader,” sebut Surya dihadapan ribuan kader posyandu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Asahan, dr Haris Yudhariansyah menyebutkan jamborer posyandu dilakukan selama 2 hari Jumat dan Sabtu 7 dan 8 Desember 2018 di Lapangan Hoki Kisaran. Jambore diisi dengan jumlah kegiatan untuk peningkatan pengetahuan para kader posyandu.

“Kini jumlah posyandu di Kabupaten Asahan sebanyak 963 buah yang tersebar di 25 Kecamatan dengan jumlah kader masing-masing 5 orang, artinya ada 4815 kader posyandu yang aktif di Kabupaten Asahan,” kata Haris.

Kegiatan dirangkai dengan beragam peningkatan pengetahuan kader. Diantaranya Ketua PKK Asahan, Hj Winda Fitrika memberikan quis kepada kader posyandu. Kader yang bisa jawab mendapatkan hadiah dari Ketua PKK Asahan. Begitu juga acara perlombaan dan acara lainya.(mm)

Penulis:

Baca Juga