Kandaskan Dairi, Tim Sepak Bola Asahan Sabet Emas Porprovsu 2019

MEDAN – Di pertandingan terakhir cabang olahraga (Cabor) Porprovsu 2019, tim sepak bola Asahan berhasil menaklukkan tim Dairi, dengan skor 2-0, Rabu sore (26/6/2019), di stadion mini USU, Medan.

Atas kemenangan ini, tim sepak bola Asahan berhak meraih Mendali Emas dengan 10 poin, dari sekali seri dan tiga kali menang.

Sebelumnya, pada pertandingan pertama Asahan berhasil menumbangkan tim tangguh Medan 2-1, menghajar Labura 4-0 tanpa balas dan Seri tanpa Gol saat bersua tim Binjai. Medan untuk sementara berada di urutan kedua dengan koleksi 6 poin.

Medan akan berebut perak dengan Labura di tempat ketiga dengan empat poin. Labura meraih kemenangan 5-2 atas Binjai pada Rabu (26/6).

Keduanya akan bentrok Jumat (28/6). Porprovsu cabang sepakbola ini diikuti lima tim dengan sistem kompetisi penuh.

Medali emas yang diraih tim sepakbola Asahan ini melalui perjuangan yang sengit dan bukan suatu keberuntungan semata.

"Anak-anak main maksimal dan menjalankan strategi dengan baik. Saya bersukur dan merasa puas dengan hasil ini karena dari awal kami memang menargetkan medali emas," kata pelatih Asahan, Abdul Rahman Marasebessy.

Tim sepak bola Asahan tampil full team dengan mengandalkan serangan cepat melalui trisula maut Andriansyah, Rama Setiawan, dan Faisal yang berada di lini depan.

Mereka langsung menggempur pertahanan Dairi. Serangan demi serangan yang di lancarkan Rama Setiawan dan kawan kawan berbuah manis, tepat menit ke-24, Asahan berhasil membobol gawang Dairi yang diciptakan Rama Setiawan.

Tertinggal 1-0 barisan pertahanan Dairi mulai kocar kacir yang terus digempur dengan serangan bergelombang oleh barisan depan anak anak Asahan.Lewat kerjasama yang apik berselang tujuh menit dari gol pertama, Rama berhasil menambah pundi pundi gol tim Asahan. Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniupkan pluit tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Dairi coba memberi perlawanan. Beberapa peluang mereka ciptakan, namun belum bisa merobek gawang Asahan yang dijaga Raja Margolang.Kiper tim Asahan yang tanpil ciamik berhasil mengandaskan semua serangan tim Dairi.

Dari semua pertandingan kiper tim Asahan Raja Margolang hanya kebobolan satu gol saat melawan tim tangguh Medan. Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir laga dan mengantarkan tim sepakbola Asahan meraih medali Emas.

Ketua KONI Asahan Nurkarim Nehe mengapresiasi hasil positif yang diraih tim sepakbola Asahan.

"Ini sejarah bagi Asahan. Untuk pertama kalinya tim sepakbola Asahan  meraih medali emas. Asahan memang sedang merintis sebagai kiblat sepakbola remaja sebagai manifestasi dari program Asahan Bank Atlet, untuk menjadi atlet berskala nasional dan internasional bagi Sumut dan Indonesia,” kata Nurkarim Nehe.

Sementara itu Ketua AsKab PSSI Asahan, Armen Margolang SP merasa bersyukur tim sepakbola binaannya membuat sejarah baru menjuarai Porprovsu 2019. Menurutnya, ini membuktikan pembinaan sepakbola di Asahan berjalan dengan baik melahirkan pemain-pemain berkualitas.

"Banyak prestasi sepakbola yang sudah diraih dan ini membuktikan Asahan sebagai daerah yang paling sukses melakukan pembinaan sepakbola di Sumut. Sebelumnya Asahan menjuarai Piala Soeratin U-15 Sumut tahun 2018-2019 dan menjadi juara di tingkat Nasional," ujar Armen.

Tahun 2017, lanjut Armen yang juga pengurus PSSI Pusat Bidang Pembinaan Usia Dini, Asahan menjadi juara Piala Soeratin U-15 tingkat Sumut dan menjadi runner-up di tingkat Nasional. Sepakbola Asahan juga mengukir prestasi internasional dengan menjuarai turnamen Singa Cup tahun 2017 di Singapura dan runner-up turnamen internasional di Barcelona.

"Semua prestasi itu tidak terlepas dari peran dan dukungan berbagai pihak, khususnya pelatih maupun pembina SSB dan klub sepakbola di Asahan yang sudah melakukan pembinaan pemain," ucap Armen yang juga sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Asahan.

"Pemkab Asahan melalui Askab PSSI akan memberikan bonus dan beasiswa sejumlah Rp200 juta, masing-masing Rp100 juta untuk tim sepakbola U-15 Asahan yang juara Nasional Piala Soeratin dan Rp100 juta untuk tim Asahan yang menjuarai Porprovsu," tutur Armen.

Armen pun optimis dengan dukungan berbagai pihak sepakbola Asahan akan terus mampu berprestasi. Menurutnya, pembinaan berjenjang dan terus menerus yang selama ini dilakukan membuat sepakbola Asahan bisa berprestasi.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga