Kapolres dan Unsur Forkopimda Asahan Tanam 12 Juta Pohon

Bupati Asahan H.Surya BSc didampingi Ketua TP PKK Asahan melakukan penanaman pohon di Dusun XIV Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Asahan, Selasa (15/10/2019).(Foto: MEDANmerdeka/Ist)

ASAHAN –  Kapolres Asahan bersama unsure Forkopimda Asahan melakukan penanaman 1 juta pohon di Dusun XIV Desa Sei Dua Hulu, Kecamatan Simpang Empat, Asahan, Selasa (15/10/2019).

Penanaman 1 juta pohon  yang diinisiasi Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto serentak di lakukan di 7 kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba. Kapolda Sumut mencanangkan gerakan penanaman pohon di hari yang sama di kawasan Tanah Karo.

Kabupatan Asahan melaksanakan penanaman pohon sebanyak 12 ribu batang bersama unsur Forkopimda Asahan. Penanaman pohon dipimpin langsung Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu didampingi Bupati Asahan H.Surya BSc,

Sekdakab Asahan Taufik Zainail Arifin, Wakil Ketua DPRD H.Benteng Panjaitan, , Kasdim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Ketua TP PKK Kab Asahan, Ketua Bhayangkari Cabang Kisaran dan tokoh masyarakat.

Bupati Asahan H. Surya BSc mengucapkan terima kasih kepada unsur Forkopimda Asahan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dan Kapolres Asahan yang telah menginisiasi penanaman 1 juta ponon.

Tentunya, Pemkab Asahan sangat mengapresasi mendukung kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Asahan. “Mudah-mudahan penanaman 1 juta pohon menjadi agenda turin kita laksanakan untuk melestarikan lingkungan, khususnya di kawasan Danau Toba,” kata Surya.

Mengingat Danau Toba merupakan kawasan strategis nasional dan menjadi satu dari empat daerah tujuan pariwisata Indonesia. Pengembangan kawasan Danau Toba telah memberikan tekanan kepada lingkungan sebagai pertanian, pertambangan dan pemukiman yang kembang di kawasan Danau Toba.

Kabupaten Asahan yang berada di salah satu ekosistem Kawasan Danau Toba selama ini selalu mendapatkan dampak negative dari menurunnya kualitas lingkungan sekitar Danau Toba.

Hampir setiap tahun Desa Sei Dua Hulu mengalami banjir disebabkan meluapnya air sungai Asahan, yang disebabkan vetegasi pepohonan kawasan Danau Toba sudah semakin menipis, tak mampu lagi menyimpan air dan menyebabkan sedimentasi akibat erosi yang terjadi di hulu.

Hari ini kita memperbaiki dengan melakukan penanaman pohon secara masal dan berkelanjutan. Mungkin, manfaatnya tidak dirasakan sekarang, namun dapat dinikmati generasi anak cucu kita di masa mendatang.

“Mari kita jadikan penanaman pohon sebagai kebiasaan. Marilah kita pelihara pohon ini agar tumbuh dan berkembang untuk masa depan generasi bangsa,” imbuh Surya.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua DPRD Asahan H. Benteng Panjaitan mengapresiasi kegiatan penanaman satu juta pohon yang dilaksanakan oleh seluruh Kapolres di Wilayah Polda Sumatera Utara terkhusus kepada Kapolres Asahan.

Kepada Pemerintah Kab. Asahan beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemerintah Kab. Asahan dibawah kepemimpinan Bupati Asahan H. Surya, BSc terhadap lingkungan yang ada di Kab. Asahan.

"Dengan penanaman satu juta pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir yang sering melanda Asahan khususnya Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat, sehingga masyarakat Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat dapat merasa nyaman bertempat tinggal di Desa Sei Dua Hulu Kec. Simpang Empat," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolres dan Bupati Asahan bersama unsur Forkopimda Asahan menyerahkan bibit pohon Kepala Desa Sei Dua Hulu, Kepala Desa Suka Raja, Kepala Desa Simpang Empat dan Perwakilan Danyon 126/KC.

Terlihat Bupati Asahan beserta istri, Kapolres Asahan beserta istri serta Unsur Forkopimda Kab. Asahan beserta jajaran yang hadir melakukan penanaman bibit pohon di lokasi yang telah ditentukan.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga