Kemendikbud Unjuk Asahan-Karo Jalankan Program Sekolah Penggerak

Kabupaten Asahan salah satu daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang diunjuk Kemendikbud RI yang mendapatkan Program Sekolah Penggerak. (foto/ist)

ASAHAN – Kabupaten Asahan salah satu daerah di Sumatera Utara (Sumut) yang diunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang mendapatkan Program Sekolah Penggerak.

Hal ini disampaikan Perwakilan Kemendikbud RI Dr.H.Ulfa Maria, MPd kepada Bupati Asahan H.Surya BSc didampingi Sekdakab Jhon Hardi dan sejumlah OPD di ruang kerja Bupati, Selasa (12/01/2021).

Ulfa Maria menjelaskan, untuk Sumatera Utara, hanya 6 daerah yang dipilih Kemendikbud RI yakni Kabupaten/Kota Asahan, Batubara, Serdang Bedagai, Karo, Deli Serdang dan Medan.

Untuk dapat menjalankan Program Sekolah Penggerak tersebut harus ada komitmen dari Kepala Daerah dimana isi dari komitmen tersebut yakni tidak merotasi Kepala Sekolah, guru dan SDM lainnya selama minimal 4 tahun (Sekolah Negeri) Sekolah Penggerak dan memberikan dukungan berupa fasilitas dan dana untuk suksesnya program sekolah Penggerak.

Selain itu beliau mengatakan dalam penentuan sekolah yang akan ditunjuk dalam menjalankan Program Sekolah Penggerak tersebut nantinya melalui kaloborasi Pemerintah Daerah dan Pusat.

"Untuk program ini akan di jalankan pada Tahun Ajaran 2021-2022 dan Insyaallah selesai pada tahun 2024", tutupnya.

Di tempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud RI yang telah mempercayakan Kabupaten Asahan dalam menjalankan Program Sekolah Penggerak.

Selaku Bupati Asahan saya akan mendukung sepenuhnya Program Sekolah Penggerak ini karena memiliki tujuan untuk menciptakan sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan fokus kepada kompetensi cognitif (literasi dan numerasi) serta non cognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kapasitas Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas.

Untuk mendukung Program Sekolah Penggerak tersebut Bupati Asahan menandatangani MoU Program Sekolah Penggerak dengan Kemendikbud RI sekaligus melakukan testimoni sebagai bentuk dukungan beliau.

Bupati Karo Siap Bekerjasama

Sementara di tempat terpisah, Ujar Afrizal Sihotang, ST, M.Si Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mewakili pihak Kemendikbud saat menyerahkan buku PSP (Program Sekolah penggerak) kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, di ruang kerja Bupati.

Penyerahan PSP disaksikan Kadis pendidikan DR. Drs Eddi Surianta Surbakti, M.Pd. Kepala Bapeda Ir Nasib Sianturi, Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan Laksana kataren.

Dikatakan Afrizal Sihotang, program sekolah penggerak (PSP) ini merupakan atas keberhasilan Dinas Pendidikan Karo yang mampu bersaing dan meyakinkan pihak Kementerian Dinas Pendidikan Pusat.

“Tindak lanjut ini, diberikan kesempatan bagi setiap Kepala Daerah agar menyatakan bentuk dukungannya ditunjukkan melalui visual video yang berisikan narasi komitmen,” ucapnya.

Bupati Karo Tarkelin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Untuk itu Pemda Karo menyatakan komitmennya sesuai permintaan oleh Kemendikbud Pusat, akan menyertakan bentuk dukungan dalam rekaman visual video.