Ketua YKI Asahan Sosialisasi Isu Kesehatan Terkini & IVA Tes di Air Joman

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S Hadiri Sosialisasi Isu Kesehatan Terkini dan IVA Tes di Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan Tahun 2018 Kamis (1/11/ 2018).(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S Hadiri Sosialisasi Isu Kesehatan Terkini dan IVA Tes di Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan Tahun 2018 Kamis (1/11/ 2018).

Hadir Bupati Asahan Diwakili Sekdakab Asahan,  Ketua TP. PKK Kab Asahan yg juga Merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Air Joman Camat Silo Laut.

Ketua TP. PKK Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S dalam sambutannya menyampaikan Kepada Ibu – Ibu agar lebih Pro Aktif dalam memeriksakan kesehatan ke puskesmas – puskesmas terdekat, Karena dengan memeriksakan kesehatan secara rutin kita dapat mendeteksi dini penyakit.

Kepada  Ibu – ibu agar lebih memperhatikan kesehatan mulut terutama bahaya pemakaian kawat gigi yang dipasang secara sembarangan tanpa pengawasan dari Dokter spesialis dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S juga menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kaum ibu tentang berbagai penyakit kanker dan bahaya yang diakibatkannya.

Gejala penyakit kanker dan bagaimana mencegah secara dini. Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Kadis kesehatan yang bekerjasama dengan PKK  Asahan  yang telah menggagas acara ini sehingga harapannya kedepan dapat mewujudkan asahan yang sehat sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Asahan mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua TP. PKK kab. Asahan Hj. Winda Fitrika Taufan Gama S yang secara intens tanpa kenal lelah dalam memberikan perhatian kepada masyarakat terutama kesehatan para Ibu.

Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang ditoreh Pemkab Asahan sebagai juara I IVA Tes Tingkat Nasional,  ini diperoleh tidak lepas dari kerja keras Ketua TP. PKK yang juga merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabuapaten Asahan.

Pada kesempatan sosialisasi Isu Kesehatan Terkini di halaman Puskesmas Tinggi Raja  juga dilaksanakan Pemeriksaan IVA Tes dan Pemeriksaan Kanker Payudara.

Sebagai Narasumber dalan sosialisasi tersebut antara lain Drg. Anneke dengan judul Materi Bagaimana Mencegah Kanker Mulut dan Bagimana Merawat Kesehatan ulut.

Rajali Sirait Kepala Puskesmas UPTD Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman dengan judul materi Stunting (Kondisi terganggunya Asupan Gizi yang Tidak Normal) mengakibatkan pertumbuhan bayi tidak normal, dan gangguan metabolisma dalam tubuh mengakibatkan daya tahan tubuh rendah.(mm)

Comment