oleh

Nikmatnya Berbuka Puasa di Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran

BULAN Ramadhan merupakan bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang penuh rahmat dan pengampunan bagi seluruh umat Islam. Tak heran, selama bulan Ramadhan umat Islam selalu berlomba-lomba berbuat kebaikan dan mempertebal ibadahnya.

Selama bulan Ramadhan 1439 H/ 2018, pemandangan menarik tergambar di Masjid Agung H Ahmad Bakrie, Kisaran, Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di depan kantor Bupati. Masjid yang menjadi ikon Kota Asahan, berjarak 160 km dari pusat Kota Medan, Ibu Kota Sumatera Utara, setiap harinya menjadi persinggahan umat Islam, baik warga lokal, pendatang maupun para musafir yang ingin berbuka puasa bersama, Salat Maghrib dan Isya hingga melaksanakan Salat Tarawih berjamaah.

Sejak subuh Masjid terbesar di lintas Timur, Pulau Sumatera ini tak pernah sepi. Sejak awal Ramadhan, para musafir kerap singgah untuk melaksanakan Salat maupun beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh.

Pemandangan indah dan penuh kekeluargaan tergambar sejak pukul 17.00 WIB. Sebagian besar warga dan musafir mulai tampak berdatangan dari segala penjuru daerah. Ada yang khusus datang bersama sanak saudara sembari membawa hidangan berbuka dan ada pula yang datang untuk menikmati takjil yang sudah dipersiapkan Badan Kemakmuran Masjid (BKM).

Padatnya para pengunjung untuk berbuka dan Salat magrib bersama membuat hati terasa tentram. Menjelang berbuka, para orang tua membawa putra-putrinya rekreasi sembari belajar di alun-alum yang di tata sedemikian apik sehingga membuat enggak beranjak.

“Sudah dua hari ini saya dan anak-anak membawa bukaan ke kemari. Ya beginilah, menunggu berbuka bermain, dan pelan-pelan saya mengajarkan anak-anak berdoa, salat berjamaah bersama,” kata Zuraidah, yang menghabiskan waktunya hingga salat tarawih bersama keluarganya.

Tak terasa waktupun berjalan. Mentari sore mulai temaram memancarkan sinar jingga bersembunyi di ufuk Barat. Waktupun sudah menunjukkan pukul 18.33 WIB, seiring bedug bergema pertanda berbuka puasa sudah tiba.

Sebagaimana dikatakan Kadis Kominfo Asahan Rahmad Hidayat, sejak dibangun Masjid Agung H Ahmad Bakrie, Pemkab Asahan setiap harinya sudah mempersiapkan ratusan takjil, berupa nasi, bubur, minuman. “Semua sudah kita persiapkan bagi para jamaah yang berbuka puasa di masjid ini,” katanya.

Disamping itu, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang juga mendorong para ASN jajaran Pemkab Asahan untuk beramal ke masjid demi memakmurkan masjid selama bulan Ramadhan 1439 H.

Rahmat Hidayat Siregar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga dilakukan demi meningkatkan ukhuwah sesama muslim. Karena dengan menyantap sajian buka puasa bersama di Masjid tersebut, masyarakat lokal maupun musafir dapat meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi sembari menikmati kesejukan, keindahan dan kenyamanan Masjid Agung H. Ahmad Bakrie Kisaran.(dhika/mm)

 

News Feed