oleh

Nuzulul Quran, Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Medanmerdeka.com – Umat Islam diminta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, sekaligus menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup. Hal ini disampaikan Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang dalam memperingati malam Nuzulul Quran, Jumat malam (1/6/2018) di Masjid Agung H Ahmad Bakrie, Kisaran.

Bupati Asahan yang diwakilkan Wakil Bupati H Surya BSc mengatakan Nuzul Quran merupakan sebuah mukjizat Allah SWT, dan peristiwa ini merupakan proses turunnya Al Quran kepada Rasullah Muhammad SAW untuk memberi petunjuk kepada umat manusia.

“Sebagai warga masyarakat Asahan yang Religius harus mengetahui pengertian dan hikmah Nuzulul Qur’an secara menyeluruh, dan dapat mengimplementasikan Al Quran  dalam dirinya masing-masing. Al Quran merupakan pedoman dan pegangan hidup yang akan menuntun ke arah lebih baik untuk mendapatkan rahmat dan kebaikan dari Allah SWT,” ujarnya.

Bupati mengajak semua warga masyarakat Asahan untuk mengisi  Ramadhan 1439 H dengan bertadarus dan tadabbur, mengkhatamkan Al Qur’an dengan  tilawah, serta dapat menghafal serta memahami kandungan-surah-surah yang dibaca sehingga Ramadhan akan jauh lebih berarti.

“Nuzulul Quran menjadi momentum kita umat Islam untuk perbanyak membaca serta menghayati apa yang terkandung dalam ayat suci Al Qur’an agar kita mendapat berkah dan syafaat kelak di akhirat nanti,” katanya.

Momentum bulan suci Ramadhan dan diturunkannya Al-Quran merupakan kebangkitan yang hakiki dan hal ini ditandai dengan bangkitnya ummat Islam dengan taraf berpikir ummat semakin meningkat, bukan hanya sekedar dalam memenuhi kebutuhan hidup, akan tetapi bagaimana kebutuhan hidup dapat dipenuhi dengan ketaqwaan.

Bulan Ramadhan hanya sebatas sebagai bulan pembenahan mental spiritual semata, namun hendaknya dapat diperluas untuk membangun keadaban pribadi, membangun karakter  terhadap kebaikan sosial, agar kesemuanya dapat membias pada kerangka pembangunan yang bersifat kolektif dalam bernegara, berbudaya, beragama sampai pada sisi terkecil dalam kehidupan.

Peringatan Nuzul Qur’an mempunyai dapak positif yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari hari baik di dunia maupun di akhirat nantinya, terlebih dalam al-Qur’an ummat muslim diwajibkan untuk selalu membantu kaum dhuafa dengan mengeluarkan zakat, infak maupun sedekah sebagian dari harta yang dimilikinya, sehingga dapat membantu warga kurang mampu yang hidup dalam kekurangani Al-Qur’an.

“Marilah kita semua memperbanyak membaca ayat suci Al-Qur’an dan  dalam bulan yang penuh berkah ini mari kita bersama sama meningkatkan rasa kepedulian kita,” pungkasnya.(dhika/mm)

Komentar

News Feed