Pemkab Asahan Gencar Sosialisasi Isu Kesehatan dan IVA Tes

Medanmerdeka.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan gencar melakukan sosialisasi isu kesehatan terkini dan IVA tes.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama S hadiri sosialisasi isu kesehatan terkini dan IVA tes di Kecamatan Tinggi Raja Kabupaten Asahan, Rabu (31/10/2018).

Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Hj Winda Fitrika Taufan Gama S menyampaikan kepada ibu-ibu agar lebih pro aktif dalam memeriksakan kesehatan ke Puskesmas-puskesmas terdekat. “Karena dengan memeriksakan kesehatan secara rutin kita dapat mendeteksi dini penyakit,” ujarnya.

Dikatakannya, kepada Ibu-ibu agar lebih memperhatikan kesehatan mulut terutama bahaya pemakaian kawat gigi yang dipasang secara sembarangan tanpa pengawasan dari Dokter spesialis dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

Hj Winda Fitrika Taufan Gama S juga menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terutama kaum ibu tentang berbagai penyakit kanker dan bahaya yang diakibatkannya, gejala-gejala penyakit kanker serta bagaimana mencegah secara dini.

Selain acara sosialisasi isu kesehatan terkini, juga dilaksanakan pemeriksaan IVA tes dan pemeriksaan kanker payudara. Sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut antara lain Drg Anneke dengan judul materi bagaimana mencegah kanker mulut dan bagimana merawat kesehatan mulut.

Selain itu, Dr Nurmaida dengan judul materi stunting (kondisi terganggunya asupan gizi yang tidak Normal) mengakibatkan pertumbuhan bayi tidak normal dan gangguan metabolisma dalam tubuh yang mengakibatkan daya tahan tubuh rendah. Hadir dalam acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan yang juga merupakan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama S, Kepala Dinas Kesehatan, dan Camat Tinggi Raja.(dhika/mm)

Comment