Pemkab Asahan Sosialiasikan Imunisasi MR

Bupati Asahan H Taufan Gama Simatupang, MAP.(foto:dhika/mm).

Bupati Asahan H Taufan Gama Simatupang, MAP.(foto:dhika/mm).

Medanmerdeka.com/ -Pemkab Asahan melakukan sosialiasi penggunaan vaksin imuniasi Measles Rubella (MR), Kamis kemarin (27/9/2018) di Aula Dinas pendidikan Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan Drs.H.Taufan Gama Simatupang.MAP dalam sambutannya yang dibacakan Sofyan Yoga staf bupati dalam sosialisasi tersebut dikatakan bahwa imunisasi dengan menggunakan vaksin Measles Rubella (MR) merupakan program nasional sektor kesehatan.

“Mengingat dampak dari penyakit campak Rubella tersebut sangat luar biasa dan mengakibatkan terjadinya kecacatan fisik bagi bayi hingga orang dewasa, dan pemerintah kabupaten Asahan berharap agar sosialisasi ini dapat berjalan lancar serta dapat diaplikasikan ketengah tengah masyarakat Asahan khususnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Sofyan Yoga mengatakan virus Rubella dapat mengakibat penderita dapat mengalami tuli, mata tidak dapat melihat, otak mengecil, juga terjdinya kebocoran pada katup jantung.

Sementara ciri ciri penderita Rubella diantaranya mengalami deman tinggi, peradangan pada paru paru, batut, mata memerah dan suhu badan tidak menentu, dan pemberian vaksin rubella diberikan kepada anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun.

Sosialisasi dihadiri sekertaris Dinkes Asahan, Perwakilan UNICEF di Sumatera Utara serta Dini Wardani Mkes dari WHO perwakilan Indonesia , dan sebagai nara sumber sosialisasi tersebut juga hadir ustadz Lukman Adham dari MUI Asahan, praktisi ilmu kedokteran anak RSUD HAMS Kisaran dr.Novialy Zuhartha Sp.A.

Kakan Kemenag Asahan H.Hayatsyah M.Pd mengatakanpengguanaan vaksin Measles Rubella (MR) untuk imunisasi sama sekali tidak melanggar aturan dalam agama.(amri/mm)

Comment