Pemkab Labura Lirik Argolife Science Center Universitas Asahan

ASAHAN - Keterlibatan mahasiswa dari berbagai angkatan dalam kegiatan Agrolife-science Center Universitas Asahan (UNA) mulai memberikan hasil.

Setelah sukses dengan Kultur jaringan, Agrolife_Science Center mengembangkan diri dengan menekuni teknologi tepat guna, yang simple dan mempunyai out put yang jelas.

Hal tersebut menarik perhatian pemerintah daerah dibeberapa wilayah Sumatera Utara, salah satunya Kabupaten Labuhan Batu Utara, yang kini melirik capaian yang diraih Agrolife-Science Center di Universitas Asahan.

Rombongan pejabat Pemkab Labura yang dipimpin Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Drs Raja Saljukdin,M.Si meninjau langsung ke kampus Universitas Asahan.Rombongan ini disambut Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, Ansoruddin, SP.MP

“Kami senang sekali mendapatkan kunjungan dari Pemkab Labura. Rombongan selanjutnya kami ajak berkeliling kampus dan melihat Argolife Science Center di Fakultas Pertanian,” ujarnya saat berbincang bersama wartawan.

Disebutkan asisten ekonomi dan pembangunan Setdakab Labura, Raja Saljukdin, mereka mengetahui saat ini pesatnya kemajuan yang signifikan di UNA melalui media masa, juga dari media sosial bahkan mendengar dari mulut-kemulut tentang kreasi-kreasi dan inovasi dari Universitas Asahan.

“Jadi kami bermaksud melihat-lihat dan berbincang mana tahu ada teknologi tepat guna yang bisa dikembangkan di Kabupaten Labuhan Batu Utara” kata Raja Saljukdin, yang saat itu bersama rombongan meninjau kegiatan dan juga produk inovasi Agrolife-Science Center.

Setibanya di laboratorium bioteknologi pangan, rombongan disambut oleh mahasiswa putra Labuhanbatu Utara, Alfian Hatari Harahap, dengan piawai mahasiswa tingkat satu Prodi agroteknologi tersebut menjelaskan kreasi demi kreasi mulai dari asal usul, landasan ilmiah sampai teknis pembuatannya. Rombongan sangat senang dan antusias atas penjelasan Hatari dan kawan-kawannya.

Melihat sendiri adanya putra daerah dari Labura yang menuntut Ilmu di Universitas Asahan, Pemkab Labura sangat mengapresiasi kontribusi yang diberikan oleh anak daerahnya lewat berbagai capaian inovasi di bawah naungan Agrolife-Science.

“Kami sangat mengapresiasi sekali perkembangan yang ada UNA hari ini serta ternyata banyak putra daerah Labura yang kuliah disini. Semoga kelak pulang kampung dan membangun daerahnya,”ujarnya.

Selanjutnya, Raja Saljukdin juga menyampaikan kekagumannya pada UNA, dengan fasilitas yang serba terbatas tetapi bisa merangsang dan memotivasi para anak daerah untuk berkarya berdasarkan sumber daya alam yang ada di daerah. Dalam kesempatan itu, rombongan Pemkab Labura ini juga sempat mencicipi kefir, youghurt dan soft candy buatan Alfian dan teamnya.

Pada kesempatan itu sebagai orang tua, Raja Saljukdin berpesan pada Alfian dan putra-putri daerah asal labura untuk belajar dengan giat dan tidak menyia-nyiakan kesempata akan akses ilmu pengetahuan selama duduk dibangku kuliah.
Selain mengunjungi inovasi produk olahan pertanian, rombongan pejabat Labura juga mengunjungi fasilitas Laboratorium Kultur jaringan dan hidroponik Universitas Asahan, beliau sangat berharap pihak Asahan Agrolife-science bisa berbagi dengan masyarakat Labura.

Sementara itu, Ketua Agrolife-science Asep rodiansah, S.P., M.Si., mengaku, pihaknya sangat senang bisa berbagi dengan masyarakat. Adapun beberapa pengabdian yang telah dilakukan terhadap masyarakat beberapa waktu lalu memberikan pembekalan kepada para petani di Kabupaten Karo.

Menurut Asep, transfer teknologi antara UNA dan Labura, sangat mungkin dilakukan apalagi banyak putra dan putri daerah Labura yang bergabung dengan UPT yang dia pimpin.

Tidak-tanggung-tanggung dalam waktu yang kurang dari setahun deretan inovasi kembali ditelurkan oleh lembaga yang dikepalai oleh Asep Rodiansah, S.P. M.Si. beliau dibantu oleh para mahasiswanya berhasil mengembangkan jagung pulut, youghurt, kefir, soft candy salak, prebiotik pakan, beras instant, kopi dan masih banyak lagi.

Capaian-capaian tersebut menginspirasi para pemuda di Kabupaten Asahan dan sekitarnya untk bergabung dan belajar di Institusi tersebut, hal itu tidak lepas dari tangan dingin sang rektor Prof.Dr. Ibnu Hajar, M.Si. yang terus mendorong inovasi yang berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan.

Sementara itu, pihak Yayasan Universitas Asahan menyambut baik kunjungan tersebut. Hal itu dikatakan oleh pengurus yayasan Ir. Lokot Ridwan Batubara, M. Si.

“Hal ini menunjukan bahwa keberadaan Universitas Asahan semakin dirasakan oleh masyarakat sumatra utara, sesuai dengan tujuan para pendiri Universitas, UNA bisa menjadi lembaga dimana masyarakat Asahan dan Sumatera Umumnya bisa belajar dan mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi” tandasnya ketika ditemui di tempat kerjanya.

Penulis: Dhika
Editor: Redaksi

Baca Juga