Pertama di Indonesia, Kampung Pengawasan Pemilu 2019 Diresmikan di Asahan.

PEMILU : Kampung Pengawasan Pemilu 2019 diresmikan di Kabupaten Asahan. Program pertama ini diharapkan sebagai contoh di Indonesia.(foto:dhika/mm)
PEMILU : Kampung Pengawasan Pemilu 2019 diresmikan di Kabupaten Asahan. Program pertama ini diharapkan sebagai contoh di Indonesia.(foto:dhika/mm)

Medanmerdeka.com – Desa Silo Lama, Kecamatan Silo Laut, Kabupaten Asahan, resmi sebagai “Kampung Pengawasan Pemilu 2019”. Kampung ini diharapkan sebagai Kampung Pengawasan Pemilu yang pertama sekaligus percontohan di Indonesia.

“Kampung Pengawasan Pemilu 2019 yang diresmikan ini, merupakan yang pertama sekaligus menjadi contoh di Indonesia,” kata Ketua Bawaslu Propinsi Sumut Syafrida Rashan, Senin (19/11/2018).

Adapun tujuan dari program ini, sambung Syafrida, yakni menciptakan pemilu yg jujur, adil sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melaksanakan pengawasan pelaksanaan Pemilu ke depan.

Hadirnya Kampung Pengawasan Pemilu 2019 diapresiasi Ketua Bawaslu RI, Abhan SH. Dalam kesempatan ini, Abhan mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Asahan, khususnya Kecamatan Silau Laut yang telah mendukung sepenuhnya Kampung Pengawasan Pemilu.

“Sukses pelaksanaan Pemilu Bukan hanya Tanggung jawab Bawaslu tapi diharapkan Partisipasi Masyarakat dalam melaksanakan pengawasan pelaksanaan pemilu demi mewujudkan Pemilu yg Jujur, Adil sesuai dengan aturan yg sudah ditetapkan,” tegas.

Peresmian Kampung Pengawasan Pemilu juga dihadiri Gubsu diwakilkan Assiten II Ekbang Ir Ibnu Utama, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang, Ketua Bawaslu RI Abhan SH, Ketua Bawaslu Propsu Syafrida Rashan dan Pangdam I Bukit Barisan diwakili Letkol Inf Agustasius Sitepu,Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto, Camat se Kab. Asahan,Bawaslu se Kab. Asahan.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang mengatakan, Pemilu merupakan Kedualatan rakyat dalam memilih anggota DPR,DPD, DPRD, serta Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2019.

Dengan hadirnya Kampung Pengawasan pemilu 2019, semua pihak berharap partisipasi pemilih dapat meningkat dan sekaligus memberikan pendidikan politik kepada segenap lapisan masyarakat, dengan semangat mewujudkan demokrasi yang baik.

Adapun tujuan pengawasan Pemilu, yakni memastikan terselenggaranya Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adik dan berkualitas.

Semua ini dapat tercapai, jika penyelenggara Pemilu bekerja professional, berintegritas dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing

Dalam kesempatan ini, Taufan Gama mengapresiasi Tim Bawaslu Asahan debgab hadirnya Kampung Pengawasan Pemilu 2019 di Kabupaten Asahan.

Kampung Pengawasan Pemilu, merupakan konsep strategis dalam meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu, yang di mulai dari Tahapan Pemilu 2019, apalagi program ini melibatkan seluruh stakeholder, baik penyelenggara, pengawas, TNI/POlri, serta partisipasi masyarakat.(ir/mm)

Penulis:

Baca Juga