Rakor Disdik Asahan, Ini Pesan Bupati

Bupati Asahan H.Surya BSc dalam kegiatan Rakor Dinas Pendidikan, Kamis (13/2/2020). (Foto: MEDANmerdeka/Ist)

KISARAN – Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan menggelar Rakor Bidang Pendidikan 2020, dihadiri Bupati Asahan H.Surya BSc, di pendopo rumah dinas bupati, Kamis (13/2/2020).

Rakor bertujuan untuk menyamakan persepsi tugas pokok, dan fungsi Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di Lingkungan Dinas Pendidikan serta memberikan informasi terkait dengan perencanaan, pembangunan dan tujuan di bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Sofian mengatakan jumlah peserta rakor 499 orang yang terdiri dari jajaran Dinas Pendidikan 25 orang, Koordinator Pengawas, Koordinator Penilik dan Satuan Pendidik Non Formal Sanggar kegiatan belajar Asahan 3 orang, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan 25 orang, Kepala TK Negeri 3 orang, Kepala SD Negeri 384 orang, Kepala SMP Negeri 59 orang.

Dijelaskan Sofyan, jumlah guru dibawah binaan Dinas Pendidikan hingga kini yaitu guru PNS sebanyak 3.497 orang, guru Non PNS yang terdiri dari Guru Honorer Komite sebanyak 2.331 orang, guru Eks K2 sebanyak 95 orang.

Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan para Kepala Sekolah, baik yang baru dilantik maupun yang masih sebagai Pelaksana Tugas bahwa kepercayaan yang diberikan kepada Bapak dan Ibu dalam mengelola Sekolah harus dapat dimaknai sebagai amanah yang harus dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan disatuan pendidikan masing-masing dengan melaksanakan pola tertib 3 T yakni Tertib Administasi, Tertib Anggaran dan Tertib Bertugas.

"Melalui 3 T diharapkan kepada kita seluruhnya nantinya akan memperoleh hasil yang maksimal dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kab. Asahan yaitu Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri," ucap beliau.

Surya menyampaikan bahwa saat ini kita telah melakukan beberapa terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain kita telah melakukan kerjasama dengan Tanoto Foundation dengan mewujudkan program "pintar" yaitu pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Kemudian kita telah melaksanakan kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan Literasi di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk 12 Sekolah di Kec. Air Joman dan Kec. Silau Laut.

Disamping itu, Pemerintah daerah juga bekerja sama dengan Putra Sampoerna Foundation untuk program beasiswa penuh bagi siswa SLTA untuk dapat kuliah di Arizona University Amerika Kampus Indonesia Sampoerna University dan Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru yang nantinya akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para guru untuk dapat berinovasi dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan kreatif.

"Kita akan terus berupaya mencari peluang-peluang dari berbagai pihak untuk secara terus menerus dapat mendukung kita dalam upaya peningkatan SDM di Asahan yang kita cintai ini," kata Surya.

Surya berharap seluruh stok holder pendidikan terus bersama-sama untuk senantiasa secara jujur, tulus dan ikhlas dalam mengemban amanah yang dipercayakan kepada saudara untuk terus berinovasi dalam mewujudkan harapan tersebut.

Komentar

Loading...