Surya Berharap KTNA ke-IV Momentum Tingkatkan Ekonomi Petani Asahan

Plt Bupati Asahan H Surya BSc meninjau stand Kelompok Tani Asahan di ajang PEDE KTNA ke-IV Tingkat Sumut 2019, di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Sergai.(Foto:MEDANmerdeka)

SERGAI – Plt Bupati Asahan H Surya BSc menghadiri pembukaan Pekan Daerah (PEDE) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-IV Tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa kemarin di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan, Sergai.

PEDE KTNA ke-IV dibuka langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dihadiri Kepala BP2 SDMP Kementerian Pertanian Republik Indonesia, didampingi tuan rumah Bupati Sergai, Ir H Soekirman serta seluruh perwakilan kepala daerah dan 1500 peserta kontak tani se-Sumut.

Parhelatan kali ini mengangkat tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Sumatera Utara Yang Agraris dan Bermartabat”.

Sejumlah kegiatan digelar diantaranya pameran pertanian yang menyajikan 52 stand produk dari daerah kabupaten/kota Sumut, rembuk kelompok KTNA, studi banding, festival seni budaya Sumut, kegiatan olahraga, cerdas cermat dan ramah tamah.

Gubernur Edy Rahmayadi menegaskan, menjadikan Sumut yang agraris akan selalu menjadi prioritas utamanya, termasuk mensejahterakan kehidupan para petani dan nelayan. Untuk itu, berbagai strategi disusun untuk menggenjot produksi pertanian Sumut.

"Selain itu, PEDA ini juga menjadi bentuk persiapan kita untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) XVI tahun 2020 di Padang. Semoga nantinya kontingen Sumut akan menjadi kontingen yang memperoleh penghargaan di acara Penas," kata Edy.

Plt Bupati Asahan H Surya BSc yang ikut dalam kesempatan ini meninjau stand pertanian Asahan yang membawa Salak Air Joman, Jambu Madu, Bawang Merah serta sejumlah kerajinan tangan UMKM Asahan.

Surya berharap, kehadiran kelompok tani Asahan di ajang PEDE KTNA ke-IV akan menjadi momentum terbaik untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Asahan di tingkat nasional.

“Selain bersilaturahmi dan bertukar informasi, jadikan event ini untuk membuka jaringan produk Asahan agar lebih dikenal dan bernilai jual tinggi. Semoga kegiatan ini memberikan banyak manfaat serta mampu mendongkrak perekonomian masyarakat petani,” kata Surya.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga