Surya-Taufik Ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Asahan Terpilih

KPU Asahan menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada 2020, H.Surya BSc dan Taufik Zainal Abidin, Jumat (19/2/2021). (Foto/Istimewa)

ASAHAN – KPU Asahan menggelar rapat pleno terbuka menetapkan pasangan calon no 02 Bupati dan Wakil Bupati Asahan Pilkada 2020 terpilih, H.Surya BSc dan Taufik Zainal Abidin, Jumat (19/2/2021)

Penetapan ini setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengugurkan perkara sengketa Pilkada Asahan 2020, yang diajukan oleh Pasanagn Calon nomor urut 01 Nurhajizah–Henri Siregar (NURI).

Rapat pleno yang digelar di Hotel Marina Kisaran dihadiri unsure Forkopimda, Komisioner  KPU Sumut Syafrialsyah, Bawaslu Kabupaten Asahan, serta paslon t 02 H. Surya,BSc – Taufik Zainal Abidin dan pimpinan partai politik.

Ketua KPU Asahan Hidayat  mengatakan rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Asahan terpilih menetapkan pasangan calon nomor urut 02, Surya, BSc –Taufik Zainal Abidin sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih tahun 2020. Keputusan ini sesuai SK KPU Asahan No.23/PL.02.7-  Kpt/1209/KPU-Kab/II/2021, tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan tahun 2020.

Selanjutnya, KPU Kabupaten Asahan akan segera mengusulkan pelantikan yang akan dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara serentak dan bertahap, melalui DPRD Asahan.

“Kita akan segera menyampaikan surat pengantar, surat keputusan berita acara dan termasuk dokumen persyaratan pencalonan kepada pimpinan DPRD, tinggal pimpinan DPRD yang melakukan proses pengusulan dan pengesahan ke Kemendagri melalui Gubernur Sumatera Utara,” tuturnya.

Bupati Asahan terpilih H. Surya, BSc dalam menyampaikan ucapan terimakasih kepada  KPU, Bawaslu, TNI/POLRI, Partai Pengusung, Tim pemenangan, Masyarakat Kabupaten Asahan yang sudah memberikan kepercayaan terhadap dirinya dan Taufik Zainal.

“Pilkada Serentak telah selesai kita laksanakan, mari kita bergandengan tangan membangun dan memajukan Asahan kita tercinta ini demi untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Surya.