Baznas Asahan Salurkan Zakat untuk 1.602 Mustahiq

Surya: Zakat Mampu Mengentaskan Kemiskinan

Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyerahkan zakat kepada mustahiq, pada bula suci Ramadhan 1440 H.(Foto/MEDANmerdeka)
Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyerahkan zakat kepada mustahiq, pada bula suci Ramadhan 1440 H.(Foto/MEDANmerdeka)

KISARAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, membagikan zakat kepada 1.604 mustahiq yang tersebar di 201 Desa/Kelurahan di 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Jumat (24/5/2019).

Pembagian zakat dihadiri langsung Plt Bupati Asahan H Surya Bsc didampingi Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan Ketua ketua Baznas Asahan H.Ansa'ari Margolang.

Dikatakan Surya, zakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan umat Islam. Zakat yang diserahkan kepada mustahiq memiliki dua dimensi penting, yaitu ibadah dan sosial.

“Jika dikelola dengan baik dan disalurkan kepada yang berhakm zakat akan mampu mengentaskan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, karena sangat bermanfaat kepada mereka yang berhak dan membutuhkan,” pungkasnya.

Untuk itu, pengelolaan zakat, sambung Surya harus dilakukan oleh orang yang professional, transparan akuntabel serta amanah.

“Pengelolaan zakat melalui badan atupun lembaga amil zakat akan dapat mewujudkan kepercayaan masyarakat, sehingga pada akhirnya para muzakki akan bertambah percaya atas zakat yang dikeluarkan,” ungkapnya.

Ketua Baznas Asahan H Ansa'ari Margolang menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemka Asahan dalam pelaksanaan pembagian zakat kepada para mustahiq.

Jumlah total penerima zakat pada tahun 2019 ini sebanyak 1.604 orang yang terdiri dari 201 desa dan kelurahan se Asahan, serta mustahik penerima zakat memperoleh uang sebanyak Rp.500.000,-dan bantuan tersebut semoga bermanfaat bagi para mustahik dan dapat dipergunakan sebaik baiknya.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga