Surya: Zakat Salah Satu Kunci Entaskan Kemiskinan

Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyalurkan zakat pribadi dan keluarganya kepada panitia Baznas Asahan, Selasa malam.(Foto/MEDANmerdeka)
Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyalurkan zakat pribadi dan keluarganya kepada panitia Baznas Asahan, Selasa malam.(Foto/MEDANmerdeka)

ASAHAN - Badan Amil Zakat dan Infaq dan Sedekah (Baznas) Kabupaten Asahan pada bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019, berhasil mengumpulkan Rp.20.868.893.000.

Ketua Baznas Kabupaten Asahan H Ansa'ari Margolang mengatakan, perolehan ZIS tahun 2019 mengalami sedikit penurunan dari tahun 2018. "Perolehan mengalami penurunan, namun tidak siginifikan," kata Ansa'ari, disela-sela berbuka puasa bersama di rumah dinas bupati, Selasa (28/5/2019).

Perolehan ZIS sambung Ansa'ari, berasal dari ASN di jajaran Pemkab Asahan dengan nilai Rp729.035.000,- juta. Dan Hutang Pernyataan Rp. 75.000.000.

Untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakat, Baznas Asahan akan membentuk pengumpul zakat mulai dari tingkatan kecamatan hingga kelurahan.

"Kita mengajak semua umat muslim untuk menyalurkan zakat ke Baznas.Selanjutnya akan kita salurkan kepada masyarakat yang berhak sehingga tepat sasaran," ujarnya Ansa'ari.

Sementara itu, Plt Bupati Asahan H Surya BSc dalam kesempatan ini mengatakan, zakat merupakan ibadah dan kewajiban bagi masyarakat/individu atau badan yang harus dikeluarkan sesuai peraturan.

Kewajiban membayar zakat dalam Islam patut menjadi contoh, dalam kehidupan bersosial di masyarakat. Jika zakat disalurkan, dikelola dengan baik dan transparan maka zakat akan dapat dijalankan dalam mengentaskan kemiskinan, pembiayaan pendidikan bagi masyaakat yang kurang beruntung di Kabupaten Asahan.

"Saya yakin dan percaya, jika zakat yang disalurkan dikelola dengan baik dan transparan, maka dana-dana ini akan menjadi alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah, khususnya dalam mengentaskan kemiskinan," harap Surya.

Oleh karena itu, Surya berharap kepada pengelola amil zakat untuk memperkuat sinergi serta menjalin kerjasama dengan organisasi pemerintah, pengusaha, badan usaha dan masyarakat dalam mengumpulkan zakat demi kemasalahan untuk semuanya.

Berbuka puasa bersama yang dirangkai pengumpulan zakat infaq dan sedekah (ZIS) tahun 2019 Kabupaten Asahan dihadiri unsur Forkopimda, MUI Asahan, Ketua Imtaq, para camat dan pengurus Baznas Asahan.

Penulis: Rahmadhika
Editor: Redaksi

Baca Juga