oleh

Taufan Ajak Masyarakat Ciptakan Lingkungan Sehat

Medanmerdeka.com – Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat.

Salah satu kegiatan pokok yang dilakukan adalah pengembangan wilayah sehat dan langkah antisipasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik dan sosial Kabupaten Asahan.

Pesan tersebut disampaikan bupati melalui Asisten II Jhon Hardy Nasution dalam kegiatan sosialisasi Kabupaten Sehat, di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Kisaran Rabu (3/10/2018).

“Sudah sepatutnya kita memiliki lingkungan fisik dan sosial yang sehat. Dan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Tapi tanggungjawab kita bersama,” kata Jhon Hardy.

Jhon menjelaskan,  yang dimaksud dengan Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat dihuni untuk dihuni penduduk.

Hal itu sesuai dengan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/ 2005.

Pada umumnya, lanjutnya, daerah kabupaten pada umumnya masih berorientasi pada permasalahan perilaku sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan sosial, serta jaminan gizi.

“Asahan sudah membentuk Tim Pembina Kabupaten Sehat yang ditandatangani bupati, untuk penyelenggaraan Kabupaten Asahan yang sehat,” katanya.

Adapun tujuan sosialisasi itu guna memberikan wawasan, pemahaman, persepsi dan arah kebijakan Tim Pembina dan Forum Kabupaten dalam mengimplementasikan kabupaten sehat.

Hadir sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Tebingtinggi dan Tim Forum Kesehatan Tebingtinggi.(dhika/mm)

Komentar

News Feed