oleh

Tim Monitoring Pangan Asahan Tinjau Pasar

Medanmerdeka.com -Tim monitoring Pemkab Asahan bersama Unit Ekonomi Satreskrim Polres Asahan melakukan peninjauan ke Pasar tradisional di Kisaran, Selasa (22/5/2018). Selain memantau stok kebutuhan sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri, tim juga mengawasi stabilitas harga pangan.

Kasat Reskrim Polres Asahan, AKP Muhammad Arif Batubara didampingi Kanit Ekonomi Iptu Agus Setiawan mengatakan, hingga saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil dan daya beli masyarakat masih terjangkau.

‘Polres Asahan bersama unsur Pemerintah Kabupaten Asahan dalam kegiatan sidak ini ingin memastikan stabilitas harga dan stok kebutuhan pokok yang ada di pasaran selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idhul Fitri. Monitoring dilapangan yang dilaksanakan hari ini terdapat penurunan harga untuk komoditas cabe merah, cabe rawit dan ayam potong,” katanya.

Sementara Ka Bulog melalui Kasi Komersial Bulog Divre, Samuel Batiswa mengatakan ketahanan pangan saat ini terbilang cukup. Bahkan Bulog sempat mengungkapkan akan memberikan cadangan. “Tadi kami sudah mempertanyakan mengenai cadangan. Cadangan itu mudah-mudahan sudah realtime. Sehingga tidak ada perbedaan antara Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan maupun Bulog terkait masalah beras,’ urainya.

Sedangkan Kasubbag Produksi Daerah Pemkab Asahan, Jamiat, menambahkan, harga masih stabil. Kemungkinan ada penurunan harga berdasarkan hasil monitoring di awal Ramadhan. Pasalnya, jauh sebelum Ramadhan, Pemkab Asahan dan instansi terkait lainnya sudah mengantisipasi hal tersebut.

“Kita sudah turun langsung ke pasar-pasar, dan mendengar langsung keluhan dari masyarakat tentang kestabilan harga beras yang masuk dalam sembilan bahan pokok. Beberapa komoditas utama seperti bawang putih dan bawang merah, serta harga daging diyakini tidak akan ada kenaikan harga selama  Ramadhan dan menjelang datangnya hari raya Idul Fitri dan kami aan terus melakukan monitoring harga di seluruh pasar tradisional yang ada di wilayah Asahan dan semoga tidak terjadi lonjakan harga,” tukasnya.(dhika/mm)

News Feed