Anggaran Rutin KDH Digunakan Sesuai Kebutuhan

Kabag Umum, Sri Mahdani memberikan penjelasan kepada wartawan, Jumat (29/11/2019). (foto/MEDANmerdeka/Zein)

BATUBARA – Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Batubara menyusun pagu anggaran rutin kepala daerah (Kdh) dan wakil kepala daerah TA 2019, dengan transparansi dan sesuai kebutuhan berdasarkan sidang paripurna dan persetujuan lembaga dewan.

Untuk dana rutin lauk pauk para tamu kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik yang berada di rumah, kantor bupati hingga di rumah makan, dianggarkan sebesar Rp1,5  miliar.

“Anggarannya sebesar Rp1,5 miliar.Ini dana rutin yang dipergunakan ketika ada tamu. Jadi digunakan ketika ada kebutuhan, dan jika lebih maka akan masuk menjadi SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran),” terang Sekdakab Batubara, Sakti Alam melalui Kabag Umum, Sri Mahdani kepada medanmerdeka.com, Jumat (29/11/2019).

Anggaran ini masih batas kepatutan, rata-rata biaya kepala daerah dan wakil kepala daerah Rp5 juta per hari untuk lauk pauk menyambut tamu, baik dari kalangan birokrat, investor maupun tokoh masyarakat Batubara.

“Ini hanya bisa digunakan sesuai kebutuhan dan tidak bisa ditenderkan. Jika tidak dipergunakan wajib harus dikembalikan ke kas Negara,” pungkas Sri kepada wartawan terkait rumors di masyarakat.

Termasuk juga dengan isu biaya tempat tidur kepala daerah yang cukup fantastis  yakni mencapai ratusan juta.  Dengan lugas sembari tersenyum Sri menampiknya. “Tidak ada itu, mana mungkin sebesar itu,” kata Sri, yang mengarahkan wartawan untuk bertanya langsung ke Sekda.

Komentar

Loading...