Harry: Lintas Berperan Penting Dalam Masyarakat

Harry Nugroho
Harry Nugroho

Medanmerdeka.com - Keberadaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) cukup vital karena tugasnya sangat penting yaitu, membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Selanjutnya. membantu dalam kegiatan sosial kemasyakatan, Membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan membantu upaya pertahanan Negara, hal ini disampaikan Bupati Batubara H.RM.Hary Nugroho di Indrapura.

Perlindungan Masyarakat adalah suatu keadaan dinamis, dimana warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, memelihara keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Sedangkan Satlinmas,  adalah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

Kemudian turut dalam memelihara keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kepala Desa berwenang membina kehidupan masyarakat desa, membina ketenteraman dan ketertiban masyarakat desa, serta mengembangkan kehidupan sosial budaya masyarakat desa,” terangnya.

Untuk itu, guna mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan peningkatan kapasitas SDM Satlinmas melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala sesuai dengan kebutuhannya dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Dengan peran dan fungsi yang strategis tersebut, pemerintah tetap memiliki komitmen yang tinggi terhadap potensi Linmas agar dapat terus berdaya guna dan berhasil guna bagi masyarakat banyak dalam menunjang program pemerintah,” tegasnya.(ir/mm)