Kapolres Batubara Pimpin Ops Yustisi Hingga ke Desa

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis bersama tim gabungan melakukan sosialisasi pemakaian masker di ruang publik. (Foto/Istimewa)

BATUBARA – Polres Batubara bersama tim gabungan pemerintah daerah kembali menggelar Operasi Yustisi pengamanan dan penegakan hukum protokol kesehatan hingga ke pelosok desa.

Operasi Yustisi kali ini menyasar warung-warung dan pengguna jalan di Desa Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Batubara. Penerapan disiplin protokol kesehatan dipimpin langsung Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis, Rabu (23/9/2020).

Kapolres mengatakan, selain penegakan hukum, Operasi Yustisi sekaligus sosialisasi imbauan protokol kesehatan penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

“Sasaran kita kali ini wilayah pedesaan Sei Balai. Yang kita harapkan kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19, sehingga sudah menjadi kewajiban untuk menggunakan masker disetiap aktivitas,” kata AKBP Ikhwan Lubis didampingi Kasat Sabhara, AKP Daniel P.Sinaga.

Pantaun media di lapangan tim gabungan Polri, TNI dan Satpol PP mendatangi satu persatu warung dan warga yang berkumpul. Selain dimbau menjaga jarak, sejumlah warga yang tak mengenakan masker diberikan masker agar benar-benar dipergunakan dalam menjalankan aktivitas.

“Sasaran kita tidak hanya warga perkotaan, namun sampai ke tingkat desa agar pesan-pesan kesehatan pencegahan COVID-19 benar-benar sampai untuk patuhi bersama. Sebab, selama ini banyak anggapan, pandemi corona hanya berimbas kepada warga di perkotaan. Anggapan ini salah, makanya kita perkuat sosialisasi ke tingkat desa," terangnya

Selain itu, Kapolres juga melakukan sosialisasi Peraturan Bupati Batu Bara Nomor 58 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Ke depan, sambung Kapolres, bagi warga maupun pelaku usaha yang tidak menerapkan protokol kesehatan akan dikenakan sanksi ringan, adminitrasi hingga denda.