Peringatan HUT HKG PKK ke-47

Ketua TP PKK Batubara: Program PKK Harus Selaras dengan Kebijakan Pemerintah

BATUBARA – TP PKK Kabupaten Batubara memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47, di pendopo Sipang Dolok, Selasa (8/10/2019). Ketua TP PKK Batubara, Maya Indriasari Zahir SE, berharap PKK melakukan tugas dan fungsinya secara nyata tanpa pamrih.

Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dalam amanatnya yang dibacakan Ketua TP PKK Batubara Maya Indriasari Zahir mengatakan, peningkatan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019 ini tidak semata-mata merupakan kegiatan rutin tahunan saja, juga bukan kegiatan yang hanya syarat dengan serimonial sesaat saja, kemudian setelah itu tidak ada gaungnya lagi.

Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora , yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

Semangat yang menggelora itu harus senantiasa kita miliki, karena TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi ciri khas PKK dalam berbagai aspek pembangunan merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya.

Dijelaskannya, Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 Tahun 2019, dengan Tema “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras dengan Program Pemerintah”.

Tema  ini, sambungnya mengandung makna bahwa Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja Pemerintah berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program pemerintah.

Sementara itu, Bupati Batubara, Ir.H. Zahir,MAP mengatakan kader PKK harus mampu melaksanakan 10 program PKK dengan menggelorakan semangat bagi kaum wanita untuk terus bersatu melahirkan putra-putri yang cerdas dengan pendidikan yang berkualitas.

Melalui HKG PKK, Bupati Zahir mengajak kader dan pengurus PKK bekerja selaras dengan progran pemerintah. PKK bisa bangkit dan bergerak jika pemerintah mendukung program ini.
Banyak inovasi dari masyarakat Batubara yang menghasilkan sebuah produk dan menjadikan sumber penghasilan masyarakat, semua OPD harus mendukung program PKK, karena OPD (Dinas Badan/Bagian) adalah dewan penyantun PKK.

Hal ini menunjukkan bahwa TP PKK senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di daerah maupun di pusat.

Selain itu, keluarga juga diharapkan dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti luas, khususnya dalam hal memilah informasi yang baik dan benar dengan yang hoax.

Melalui tema HKG-PKK tahun 2019 ini, TP PKK diharapkan untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk pembinaan desa desa percontohan, sehingga dapat menjaga kebersamaan dan kegotong royongan agar agenda kerja pemerintahan melalui sejumlah program pembangunan dapat tercapai.

Peringatan HKG PKK ke-47 dimeriahkan dengan beragam kegiatan, diantaranya penayangan kegiatan TP PKK di Desa Binaan Kabupaten Batu Bara Desa Tanjung Kuba, Desa Sei. Muka dan Desa Gunung Bandung, Penampilan Parade Nusatara oleh Kader PKK Kab.Batu Bara yang mewakili Jambore Kader Batu Bara di Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Penampilan Drama Pola Asuh Anak Remaja. Penampilan Simulasi PKDRT, Senam Lansia serta pemberian hadiah lomba PKK terbaik Tingkat Kabupaten Batubara dan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Batu Bara, H. Zahir didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Batubara, Maya Idriasari Zahir.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga