Kunker Gubsu Edy Rahmayadi

SDM Penentu Kemajuan Masa Depan

BATUBARA - Kita harus punya cita - cita atau mimpi besar, mau kita jadi apakan Kabupaten Batubara ini, tak ada bedanya Kepala Desa dengan Gubernur, kualitas sumber daya manusia (SDM) akan menjadi penentu kemajuan bangsa di masa depan, bukan sumber daya alamnya (SDA).

Pernyataan ini dikatakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi pada acara tatap muka Gubernur Sumatera Utara dengan Bupati, OPD, Camat Kepala Desa dan Kepala Sekolah se Kabupaten Batubara dengan tema Mewujudkan Desa, Menuju Kota yang Sejahtera dan Bermartabat, Kamis (31/1/2019) di Aula Pertemuan PT Inalum Indra Pura Kabupaten Batubara.

Ditambahkannya, jika sumber daya manusianya tidak memiliki keahlian mustahil, untuk dapat mengolah sumber daya alam yang berlimpah di Sumatera Utara umumnya, dan di Kabupaten Batubara khususnya.

Contohnya negara Singapura yang hanya memiliki kekayaan sumber daya alam sekitar dua puluh persen, dibandingkan dengan Kabupaten Batubara, namun mereka memiliki sumber daya manusianya sekitar delapan puluh persen, yang dapat mengolah sumber daya alamnya.

Sehingga negara Singapura dapat lebih maju dan lebih kaya dari pada Indonesia. Maka untuk itu diharapkan kepada Kepala Desa di Kabupaten Batubara untuk dapat merubah sikap, pola hidup dan pola pikir serta tindakan untuk dapat membangun dan mensejahterakan rakyat Batubara.

Karena kemiskinan identik dengan kekufuran, sebentar lagi Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan terbesar di Asia Tenggara, untuk itu diharapkan masyarakat Batubara untuk dapat memanfaatkan kondisi ini. Untuk dapat menjadikan masyarakat Batubara yang Sejahtera dan Bermartabat,"jelas Gubsu yang memotivasi ratusan masyarakat Batubara di gedung tersebut.

Sementara itu sebelumnya, Bupati Batubara M Zahir mengatakan berdasarkan Perpres Kabupaten Batubara menjadi kabupaten penyanggah Kawasan Ekonomi Khusus( KEK) Sei Semangke yang akan menjadikan daerah ini daerah bisnis yang sesuai dengan misi dan misi kami Bupati dan Wakil Bupati," terangnya.

Setelah dilantik kami mempunyai tujuh perintah harian, untuk dilaksanakan oleh OPD, diantaranya bekerjalah secara benar dan jujur sesuai dengan tupoksi, bekerjalah sesuai dengan perundang undangan yang berlaku," pesanya.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga