Bupati Jakfar: BPK Temukan Kelemahan Pengelolan Keuangan Pemkab Madina

MADINA – Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jakfar Sukhairi Nasution, membacakan Nota pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020, di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kamis (29/7/2021).

Bupati mengatakan, berdasarkan hasil audit BPK Laporan Keuangan tahun 2020, Pemkab Madina memperoleh penilaian opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal ini sama dengan hasil yang diperoleh di tahun sebelumnya.

"Berdasarkan hasil audit BPK RI, Pemkab Madina kembali memperoleh penilaian opini WDP terhadap laporan keuangan 2020, hal ini disebabkan BPK menemukan adanya kelemahan sistem pengendalian intern dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan undang-undang dalam pengelolaan uang negara," kata Sukhairi.

Bupati mengingatkan setiap OPD menyadari ini sekaligus mengharapkan kolaborasi dan sinergitas untuk sama-sama patuh dan memahami pengelolaan keuangan negara secara transparan dan akuntabel, sehingga di masa mendatang Madina akan memperoleh memperoleh opini WTP yang merupakan keinginan bersama.

Bupati juga menyampaikan permintaan maaf yang kepada seluruh lapisan masyarakat karena sampai saat ini Pemerintah Daerah belum dapat memperoleh opini Wajar WTP atas laporan keuangan Pemkab Madina.

Selain iti Bupati tetap memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD atas tercapainya kembali opini WDP.