Dinas Lingkungan Hidup Motivasi Bank Sampah untuk Kreatif Mengolah Limbah

Para ibu rumah tangga binaan Bank Sampah Sait Buttu Simpati, Kecamatan Pematang Sidamanik, Simalungun, sedang mengolah limbah menjadi barang berharga.(foto/Istimewa)

SIMALUNGUN - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun mendukung pemanfaatan sampah atau limbah rumah tangga menjadi barang bernilai ekonomi oleh Bank Sampah Sait Buttu Simpati, Kecamatan Pematang Sidamanik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Simalungun, Misliani Saragih saat meninjau pengolahan sampah oleh sekitar 60 ibu rumah tangga binaan Bank Sampah Sait Buttu Simpati, Rabu (13/11/2019).

Dikatakannya pemanfaatan sampah menjadi bernilai ekonomis diharapkan mampu memberikan peningkatan kesejahteraan masyarkat.

Selain itu pengolahan sampah menjadi barang-barang yang bernilai ekonomis merupakan merupakan langkah nyata pengelolaan dan penanganan sampah yang ada di lingkungan masyarakat.

"Pemerintah daerah akan terus membina pengelolaan sampah oleh bank sampah menjadi bernilai ekonomis dan menjadi sumber penghidupan masyarakat," kata Misliani.

Kepada anggota dan ibu rumah tangga binaan Bank Sampah Sait Buttu Simpati, Misliani berharap untuk kreatif dan inovatif mengolah limbah atau sampah berbahan pelastik menjadi barang-barang bermanfaat,sehingga memiliki daya saing dalam pemasarannya.

Pimpinan Bank Sampah Sait Buttu Simpati,Setu menambahkan,sampah yang berasal dari sampah rumah tangga di kecamatan Pematang Sidamanik dengan bahan pelastik sudah dapat diolah menjado suvenir,tas, tempat tisu dan dompet.

Penulis: Davis
Editor: Redaksi

Baca Juga