Dinsos Sidimpuan Ajukan 5751 Calon Penerima PKH

SIDIMPUAN - Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan, mengajukan 5.751 calon penerima program penerima keluarga harapan (PKH) untuk tahap kedua, yang akan direalisasikan pada April 2019.

Koordinator PKH Kota Padangsidimpuan, Rudi Ritonga mengatakan, kategori calon penerima PKH, ibu hamil, siswa sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), lanjut usia dan diatabilitas berat.

"Total jumlah anggarannya Rp3 miliar lebih untuk penyaluran tahap kedua,"ujarnya kepada wartawan ketika ditemui, Senin (11/02/2019).

PKH disalurkan satu kali dalam tiga bulan sesuai komponen dan dihitung berdasarkan jumlah bantuan terbesar antara lain, Ibu hamil Rp2.400.000/tahun. Balita/apras Rp 2.400.000. Selanjutnya, siswa SD Rp. 900.000 setiap tahun siswa Smp Rp1.500.000/tahun, SMA Rp2.000.000/tahun, lansia/distabilitas Rp2.400.000/tahun.

Dalam menentukam penerima PKH, pihaknya melakukan berbagai survey tentang pendapatan keluarga penerima manfaat.

Apabila ekonomi penerima PKH ternyata sudah meningkat, maka dipastikan tidak akan diikut sertakan lagi dalam program selanjutnya.

"Tentunya, diharapkan kepada para penerima PKH agar tidak mau berlama-lama untuk menyandang status miskin, sehingga, memberikan kesempatan kepada yang lain,"ujarnya.

Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya mengatakan, berdasarkan instruksi dari Kapolda Sumut bahwa, pihaknya bertugas untuk mengawasi penyaluran bantuan PKH itu.

"Instruksi dari Kapolri bahwa, personil kepolisian mempunyai kewajiban untuk mengawasi penyaluran itu,"ujarnya.

Tujuan dari pengawasan tersebut agar, bantuan PKH tepat sasaran, sehingga tidak ada yang dirugikan.

"Saya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, agar setiap penyaluran bantuan PKH akan diawasi polisi, jadi semuanya tepat sasaran,"tandas Kapolres. (mm)

Penulis: Thoriq
Editor: Redaksi

Baca Juga