Disnaker Simalungun Perketat Pengawasan TKA

SIMALUNGUN - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Simalungun memperketat pengawasan tenaga kerja asing (TKA) illegal.

Kadisnaker Simalungun, Ikuten Ginting mengatakan, pihaknya berkordinasi dengan sejumlah perusahaan atau investor penanaman modal asing (PMA),terkait tenaga kerja asing yang dipekerjakan.

"Pengawasan tenaga kerja asing dilakukan berksinambungan guna mengantisipasi masuknya warga negara asing sebagai pekerja secara illegal," kata Ginting, Kamis (14/2/2019).

Sejauh ini dari pengawasan yang dilakukan pihaknya belum ditemukan adanya pekerja asing di Kabupaten Simalungun.

Disamping itu, sambung Ginting, Disnaker berkordinasi dengan Imigrasi jika menemukan adanya pekerja asing yang bekerja di Kabupaten Simalungun, untuk mengetahui legalitasnya,apakah datang ke Indonesia sebagai pekerja atau wisatawan.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPRD Simalungun,Bernhard Damanik. Pihaknya mendukung penuh pengawasan yang dilakukan Disnaker, serta memperkuat sinergi dengan instansi terkait.

Langkat ini patut diapresiasi kata Bernhard, sebab peranan Disnaker dalam melakukan pengawasan begitu penting guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan demi kondusifitas Kabupaten Simalungun.

"Saya mendukung pengawasan tenaga kerja asing yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja, apalagi saat ini cukup banyak imigran gelap yang masuk ke Indonesia, dan sudah diamankan polisi serta Imigrasi," kta Bernhard.(mm)

Penulis: Davis
Editor: Redaksi

Baca Juga