Gubernur Sumut Kagum Cara H. Anif Rayakan Ultah

DELI SERDANG- Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menyatakan kekagumanya terhadap cara H. Anif Shah yang merupakan orang tua dari Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut), Musa Rajekshah dalam merayakan Ulang Tahunnya dengan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Hal itu dikatakan Edy, saat menutup rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 Yayasan Haji Anif di Masjid Al Musannif, Komplek Cemara Asri,  Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (23/3/2019).

"Saya baru tahu ada orang di Sumut ini membuat acara MTQ untuk merayakan ulang tahunnya, karena kebanyakan orang merayakan ulang tahun dengan rangkaian pesta mewah. Tapi ini dilakukan dengan tujuan mulia untuk melahirkan generasi yang mencintai Al-quran," puji Gubsu.

Gubsu pun berharap agar acara seperti ini bisa terus dilaksanakan. "Tahun ke depanya harus tetap dilaksanakan, jangan hanya 10 atau 20 seperti yang dibilang Ijeck, kegiatan ini harus dibuat sampai akhir nanti, MTQ ini harus tetap diadakan selama Sumut ini masih ada,"tutur Edy.

Edy pun meyakini bahwa ribuan orang yang hadir merupakan wujud dari kecintaan mereka kepada Haji Anif. "Orang sumut pasti kenal siapa Haji Anif, banyak yang bilang dia tak baik. Biarkan orang yang bilang seperti itu tapi kenyataan nya hari ini  banyak yang datang untuk mendoakanya," tutur mantan Pangkostrad tersebut.

Musa Rajekshah yang hadir sebagai Ketua Yayasan Haji Anif juga mengaku bahwa acara ini dibuat untuk merayakan ulang tahun ayahnya yang ke-80. "Saya berdiri di sini bukanlah sebagai Wakil Gubernur, sebab saya tak ingin orang mengira karena jabatan acara ini bisa terlaksana," ujar Ketua Yayasan Haji Anif, Musa Rajekshah.

Pria yang akrab disapa Ijeck ini pun mengucapkan terima kasih kepada panitia yang siang-malam tak kenal letih. "Saya sangat apresiasi semua panitia yang terlibat, tak dikasih honor tapi setiap hari berkerja, semoga apa yang dikerjakan menjadi amal ibadah," ucapnya.

Di akhir pidatonya,  Ijeck terlihat tak sanggup menahan air mata, sebab tak bisa mengucapkan selamat ulang tahun secara langsung kepada sang ayah, H. Anif Shah karena sedang berada di luar negeri.

"Yang saya lakukan ini adalah apa yang orang tua saya inginkan, yaitu melahirkan generasi muda yang mencintai Al-quran. Saya mohon maaf karena ayah saya tak bisa hadir. Mohon doanya, agar ayah saya tetap diberi kesehatan selalu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ustad Abdul Somad (UAS) pun hadir memberikan tausiah, secara pribadi UAS sudah diundang dari satu tahun yang lalu.

"Saat saya mengiyakan untuk hadir, ada rasa cemas dalam hati, selama ini saya melarang acara ulang tahun yang melakukan tiup lilin, nanti ketika saya datang, saya pula yang diminta untuk tiup lilin. Tapi begitu semalam sampai, dugaan saya salah, perayaannya berbeda dengan mengadakan MTQ. Semoga setelah acara ini, banyak anak muda yang gemar membaca, menghafalkan serta mengamalkan ajaran-ajaran Al-quran," ucap UAS

Sebelum memulai ceramah, UAS didaulat panitia untuk mengambil 10 nama yang berhak mendapatkan hadiah umroh secara gratis, 7 paket disponsori oleh travel umroh, sedangkan sisanya diberikan oleh Gubsu sebagai hadiah.

Dalam acara penutupan MTQ ke -1 Yayasan Haji Anif tersebut, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, R. Sabrina, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Wakil Ketua TP PKK Sumatera Utara Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Bupati Labura, Kharuddin Syah dan Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin.

Adapun pemenang dalam MTQ tersebut yakni untuk  golongan tilawah kanak-kanak Putra, Yakni M. Fakhrizal Husaini utusan MDTA Istiqomah Medan (Juara 1), Farhan Rahimuddin Munthe utusan SDN 101873 Deli Serdang (Juara 2) dan Adam Al Farizi utusan MIS Nur Al Amin Medan (juara 3).

Golongan tilawah kanak-kanak putri,  Kirei Anistya Kirana utusan MIN1 Medan dinobatkan sebagai juara pertama, lalu Nafila Anzani Lubis utusan Mts Swasta Al Manar Deli Serdang dan Afifa Hiya Al Ulya utusan SD Swasta Muhammadiyah Tj Morawa Deli Serdang, sebagai juara kedua dan ketiga.

Lalu kategori tahfidz kanak-kanak putra juaranya adalah Abdul Rauf utusan Mtsn Binjai, kemudian M. Syafwan Arafif utusan MIN 1 Medan juara kedua, dan M. Khairul Fikri utusan Mts Pesantren Nurul Azmi Medan.

Terakhir, kategori tahfidz kanak-kanak putri pemenangnya Nur Adliya utusan SDN 050660 Medan (juara1), Siti Ruhama Sirait utusan SDIT Sahabat Al-quran Binjai (juara 2), Nur Indah Tian utusan MTS Alwashliyah 63 Punggulan Asahan (juara 3). (mm)

Penulis:

Baca Juga