Pentahbisan Uskup Agung Medan

Gubsu Edy Harapakan Sumut Damai

MEDAN – Gubsu Edy Rahmayadi menghadiri acara Pentahbisan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap di Gedung Serbaguna Pemprovsu Jalan Pancing/Willem Iskandar Medan, Sabtu (2/2).

Gubsu berharap Keuskupan Agung Medan berperan mewujudkan dan menjaga kedamaian di Sumatera Utara (Sumut).

“Semua yang diajarkan agama adalah kebaikan. Kiranya dapat menyelesaikan masalah, sehingga akan melahirkan kedamaian,” kata Edy dihadapan an ribuan umat Katolik dan uskup agung dari seluruh Indonesia.

Gubsu mengucapkan selamat kepada Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap yang baru ditahbiskan, sembari berharap ke depan, kerja sama Keuskupan Agung Medan dengan pemerintah semakin meningkat.

Selain itu, kepada Uskup Agung Medan yang baru ditahbiskan, Edy juga mengharapkan agar  menjaga umat, khususnya umat katolik.

Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubsu Edy Rahmayadi.

Turut hadir pada acara tersebut, sejumlah bupati/walikota se Sumut, Forkopimdo Sumut, Forum Komunikasi Umat Beragama Sumut, para suster dan umat katolik se Sumut dan sekitarnya.

Sebelumnya, prosesi pentahbisan Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFM Cap  yang dipimpin Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo, berlangsung tertib dan lancar.

Pada penahbisan itu, dalam kotbah yang dibawakan Uskup Padang Martinus Dogma Situmorang, menyampaikan, semoga penahbisan ini membawa kembali kedamaian dan pengharapan. "Tahbisan ini juga harus menjawabnya dengan syukur sehingga menjadi berkat bagi semua," ucapnya.

Kornelius Sipayung lahir di Bandar Hinalang, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, pada 26 Agustus 1970. Ia terpilih menjadi Uskup Agung Medan pada 8 Desember 2018 menggantikan Mgr Anicetus Bongsu Antonius Sinaga OFM Cap. Sebelumnya, Kornelius Sipayung merupakan Minister Provinsial Kapusin Medan.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga