Herdensi Terpilh Jadi Ketua KPU Sumut Gantikan Yulhasni

MEDAN - Herdensi Adnin secara aklamasi terpilih menjadi Ketua KPU Sumatera Utara (Sumut) dalam rapat pleno yang diikuti tujuh komisioner KPU Sumut.

Mantan Ketua KPU Medan itu menggantikan posisi Yulhasni yang diberhentikan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dari jabatannya beberapa hari lalu, dalam rapat pleno yang diselenggarakan di kantor KPU Sumut, Minggu (21/7/2019).

Pleno tersebut digelar untuk menindaklanjuti DKPP yang menjatuhkan beberapa sanksi kepada para komisioner KPU.

Untuk diketahui, Herdensi merupakan mantan Ketua KAHMI Medan yang merupakan alumni dari Universitas Sumatera Utara (USU). Sebelum menjabat sebagai komisioner KPU Sumut, Herdensi sempat menjabat sebagai Ketua KPU Medan pada periode 2014 – 2019.

Terkait hal tersebut, komisioner KPU Sumut, Yulhasni mengatakan seluruh komisioner KPU Sumut menyambut baik hasil rapat pleno tersebut.

Rapat pleno

“Hari ini KPU Sumut telah rapat pleno pemilihan ketua KPU Sumut yang dijabat Herdensi, S.Sos, MSP Ketua KPU Sumut terpilih secara aklamasi,”paparnya.

Selain pemilihan Ketua KPU, dalam pleno tersebut juga menetapkan beberapa perubahan ketua divisi yakni, Divisi Teknis dijabat Batara Manurung, Divisi Parmas dijabat Benget Silitonga, Divisi Data dijabat Yulhasni, Divisi Logistik dijabat Syafrialsyah, Divisi Hukum dan Pengawasan dijabat Ira Wirtati, Divisi Sumber Daya Manusia, Penelitian dan Pengembangan dijabat Mulia Banurea dan Divisi Keuangan, Umum dan Rumah Tangga dijabat Herdensi.

Terpisah, saat ditanya tanggapan Herdensi terkait terpilih menjadi Ketua KPU Sumut, ia merasa bersyukur.“Terimakasih mohon doa restu. Semoga KPU Sumut tetap solid dan amanah," tukasnya sembari mengutarakan ke depannya KPU Sumut akan fokus mengawal persiapan Pilkada serentak 2020 yang akan digelar di 23 kabupaten/kota se-Sumut.

Selain itu, KPU Sumut juga tengah menghadapi gugatan sengketa pemilu dari peserta Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga