Kapolres Batubara Perketat Pintu Perbatasan Jalan Lintas Sumatera

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis memperketat pintu masuk perbatasan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Kamis (6/5/2021). (foto:mm/fadly)

BATUBARA - Hari pertama larangan mudik, Kapolres Batubara melakukan peninjauan pintu masuk penyekatan di Pos PAM Operasi Ketupat 2021 di pintu masuk perbatasan Serdang Bedagai-Batubara, Jalan Lintas Sumatera, Kamis (6/5/2021).

Selanjutnya Kapolres meninjau dua lokasi penyekatan di kawasan Kuala Tanjung dan Sei Bejangkar, Batubara.

Kapolres AKBP Ikhwan Lubis turun langsung didampingi Wakapolres Kompol Rudi Chandra dan Kasat Lantas Eridal Fitra serta sejumlah PJU Polres Batubara.

Dijelaskan Kapolres, petugas Pos PAM terdiri semua unsur, TNI, Polri dan Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Untuk memaksimalkan pengawasan, maka Pos PAM dilengkapir uangan khusus isolasi untuk memeriksa kesehatan pengguna jalan yang dicurigai terpapar COVID-19. "Petugas yang melakukan pemeriksaan juga difasilitasi APD sesuai standar," kata AKBP Ikhwan Lubis.

Oleh karena itu, Kapolres mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri guna mencegah terjadinya pandemi COVID-19. Hal ini tentunya sesuai aturan pemerintah dan sesuai peraturan Bupati Batu Bara No. 53 Tahun 2021. “Dengan tidak mudik berarti menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan negara,” kata Kapolres.

Sejak diberlakukannya larangan mudi Kamis dini hari, dari pantauan media di lapangan aktivitas Jalinsum sepanjang Kabupaten Batubara tampak lenggang, dan sejumlah kendaraan yang tertangkap hendak melakukan mudik ditindak tegas dengan putar balik.