Festival Pawai Obor dan Takbir Akbar BKPRMI Stabat

70 Miniatur Masjid Ikuti Fespota Idul Adha

Asisten II Ekbangsos H. Hermansyah membuka Festival Pawai Obor dan Takbir Akbar (Fespota) Idul Adha 1440 H, yang digelar BKPRMI Kecamatan Stabat, dengan pemukulan bedug, di Jl Proklamasi Stabat depan Rumdis Bupati Langkat, Senin malam (12/8/2019).(Foto:MEDAnmerdeka/Ist)

STABAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos H. Hermansyah membuka Festival Pawai Obor dan Takbir Akbar (Fespota) Idul Adha 1440 H, yang digelar BKPRMI Kecamatan Stabat, dengan pemukulan bedug, di Jl Proklamasi Stabat depan Rumdis Bupati Langkat, Senin malam Selasa (12/8/2019).

Gema takbir dan sholawat serta ribuan masyarakat Stabat dan sekitar membeludak,  memecahkan suasana keheningan di seputaran Jl Proklmasi Stabat pada malam itu, hingga menjadi bukti kesemarakan Fespota.

Asisten II pada sambutannya, berharap,  melalui event yang penuh dengan syiar agama ini menjadi salah satu upaya yang mampu membinaan generasi muda di negeri bertuah. Semoga event ini terus menjadi perhatian semua pihak sehingga terus berjalan,  agar dapat terus menjaga Langkat sebagai bumi religius.

“Pemkab Langkat sangat menyabut baik kegiatan ini, terima kasih kepada kepanitiaan serta semua pihak,  yang telah memberikan partisipasi dan bantuannya bagi suksesnya event ini,”sebutnya.

Selanjutnya, Asisten II juga berharap,  agar para peserta Fespota, menempatkan niat mengikuti event ini sebagai syiar agama.  Untuk hasil perlombaannya, hendaklah dijadikan sebagai bagian kecil dari tujuan utama. Artinya, jika di raih hasil yang diharapkan tidak lantas merasa hebat dan berpuas diri,  akan tetapi kembalikan keberhasilan tersebut untuk kemaslahatan agama.

“Jika sebaliknya belum berhasil,  bukan berarti kegagalan karena akan tercatat sebagai ibadah yang mendapatkan ganjaran pahala di sisi Allah SWT,”ujarnya.

Maulana Ardi selaku ketua BKPRMI Kec Stabat, menjelaskan, Fespota tahun ini  diikuti 70  BKPRMI tingkat Desa dari  enam kecamatan yaitu Stabat, Wampu, Hinai, Selesai,  Binjai dan Secanggang, dengan jumlah peserta mencapai ribuan orang.

“Mereka berjalan membawah api obor dan mendayung becak yang dihiasi berbagai macam bentuk  masjid miniatur sambil bertakbir,  dengan rute dimulai dari Jl Proklamasi  Stabat  depan Islamic Canter menuju finish Masjid Raya Stabat,”terangnya.

Untuk para juara, sambung Ardi, jaura 1 NPP 38  Al Ihklas  Dusun I Banyumas, juara II NPP 54 Irmanda Paya Mabar, juara III NPP 14 Al Akbar Kampung Baru. Harapan I NPP 54 Taqwa Arcon, harapan II  NPP 33 Al Furqon Kwala Bingai,  harapan III  NPP 07 Nurul Mutaqin Dendang. Favorit I NPP 26 Al  Hidayah Wampu, favorit  2 NPP 45 Al Falah Hinai, favorit 3 NPP 06 Baiturahman  P Gemi.

Sedangkan pemenang kategori, lanjut Ardi, untuk qori terbaik NPP 81 Irmi  Hinai, Dekorasi terbaik NPP 11 Al Huda Banyumas, beduk terbaik NPP 20  Al Hidayah  P Gemi,  busana terbaik NPP 31 Uswatun Hasanah Wampu, barisan terbaik  NPP 58 Al Ikhwan Sanggar,  hiasan terkreatif  NPP 02 Prisnur Binjai.

“Kami atas nama BKPRMI Stabat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bupati Langkat yang telah mendukung dan memberikan bantuan sebesar Rp5 juta, serta bantuan dari semua pihak lainnya, hingga Fespota ini berjalan sukses,”sebutnya.

Turut hadir unsur Forkopimda Plus Kabupaten Langkat,  para pejabat di jajaran Pemkab Langkat, ketua DWP BKPRMI Sumut dan ketua DPD BKPRMI Langkat beserta unsur pengurus dan jajarannya,  ketua KNPI Langkat, Camat dan Forkopim Stabat beserta para Lurah dan Kepala Desa, para alim ulama, pemuka masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda, media cetak dan elektronik,   hadirin undangan dan seluruh lapisan masyarakat yang hadir.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga