Banjir Landa Dua Kelurahan di Langkat

LANGKAT - Banjir melanda pemukiman masyarakat di dua kelurahan yakni, Kelurahan Bela Rakyat dan Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (31/10/2019).

Akibatnya, ratusan rumah terendam air dengan ketinggian sekitar 100 centimeter. Banjir ini terjadi akibat curah hujan yang sangat tinggi, membuat Sungai Tembo dan Sungai Begumit meluap.

"Tidak afa laporan korban jiwa akibat musibah bencana alam tersebut. Kita sudah menurunkan tim ke lokasi banjir," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Langkat, Irwan Sahri.

Irwan Sahri mengatakan, lokasi pemukiman penduduk yang terdampak banjir di Kelurahan Bela Rakyat meliputi, Lingkungan 4 RT 03 berjumlah 30 rumah, RT 05 berjumlah 80 rumah, tempat ibadah, masjid satu unit dan musala.

Sementara itu, untuk di Kelurahan Pekan Kuala, banjir terjadi di lingkungan 4 berjumlah 100 rumah, lingkungan 5 berjumlah 10 rumah, dan lingkungan 6 berjumlah 50 rumah. Air juga merendam dua Sekolah Dasar Negeri, satu SMP, satu Puskemas, dan Pajak Beringin Kuala.

Kapolsek Kuala, AKP Armansyah menyampaikan, satu unit rumah bangunan semi permanen yang dihuni oleh keluarga Sonia warga Kecamatan Kuala, terbawa arus deras saat terjadinya banjir.

"Untuk sementara, jumlah rumah yang terendam akibat banjir ada sekitar 400 unit. Selain rumah, jembatan alternatif yang menghubungkan warga Lingkungan VIII Undian, Kelurahan Bela Rakyat ke Kuala, juga  terputus terbawa arus sungai," sebutnya.

Penulis: Yohana
Editor: Redaksi

Baca Juga