Bupati Langkat Bersama Ribuan Masyarakat Rayakan Hari Kemerdekaan RI

STABAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama ribuan warga Langkat  menyemarakan rangkaian kegiatan penyambutan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74  Kemerdekaan RI, bertempat di areal seputaran Alun-Alun T.Amir Hamzah  Jln.Proklamasi Stabat, Sabtu (17/8/2019).

Sudah menjadi tradisi dan kearifan lokal bagi warga Langkat, saat menyabut perayaan HUT RI, datang ke kota Stabat menyaksikan rangkain kegiatan yang digelar oleh Pemkab Langkat.

Namun kali ini, terlihat lebih meriah dari tahun–tahun sebelumnya, sebab warga bersama keluarganya yang datang dari berbagai kecamatan ke kota Stabat tersebut, mencapai ribuan orang.

Ya meskipun berdesakan, bahkan diterpah panasnya matahari, tidak menyurutkan semangat mereka, saat menyaksikan Bupati Langkat bertindak sebagai Ispektrur Upacara (Irup) pada detik datik proklamasi dan pengibaran sang saka merah putih.

Apalagi saat Bupati Langkat menerima dan melepaskan parade karnaval peserta upacara, yang diawali dengan atraksi dua ekor gajah asal Tangkahan, bernama Yuni dan Ardana.

Terlebih, kesemarakan semakin memuncak dari teriakan warga yang antusias, saat Bupati Langkat menerima bendera merah putih dari seokor gajah tersebut,  yang ditunggangi Kepala Bank Sumut Cabang Stabat Gama Cherry Al Halim, sebagai tanda dilepasnya karnaval.

Parede karnaval tersebut diikuti ratusan peserta dari  satuan personil TNI/Polri, PNS Pemkab Langkat,  pelajar dari tingkat TK, SD sampai mahasiswa, dengan tampilan mengenakan berbagai jenis seragam seperti seragam pramuka, pakaian adat dan lainnya, serta dimeriahkan oleh berbagai kendaraan hias dan pertunjukan drumbrand.

Pada selah pelepasan parade karnaval, Bupati Langkat mengaku, sangat kagum dengan antusias warga Langkat dalam keikutsertaan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI tahun ini.

Selain itu Bupati sengaja menghadirkan dua ekor gajah tersebut, dengan maksud untuk memperkenalkan kepada masyarakat Langkat khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya. Bahwa gajah adalah salah satu ikon wisata yang ada di Tangkahan  Langkat.

Selain itu, untuk mengajak seluruh masyarakat, agar menyanyangi dan melindungi  semua hewan yang menjadi ikon wisata.

Terpisah, sebelumnya Bupati Langkat memimpin ucara peringatan HUT ke 74 kemerdekaan RI,  di SMA Negeri 1 Stabat.

Bupati Langkat pada amanatnya, menyampaikan, sebab perjuangan keras dan dukungan para kaum muda, 74 tahun silam Ir Soekarno dan Dr H Mohammad Hatta,  secara gagah berani memproklamasikan kemerdekaan RI.

Karena itu, sebut Bupati, tidak ada keberhasilan tanpa perjuangan dan pengorbanan. Maka dirinya berharap para pelajar Langkat, mampu menjadi generasi yang membanggakan, tidak hanya bagi pribadi dan keluarga,  akan tetapi dapat membanggakan bangsa dan negara, dengan terus belajar tekun.

Sebab, kata Bupati, untuk menjadi bangsa yang kuat kita harus mempersiapkan kemampuan SDM generasi muda yang handal, yakni SDM yang siap menghadapi tantangan sesuai zamannya.

Sementara, Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin memimpin upacara di Ponpes Ulumul Qur'an Stabat, Ketua DPRD Langkat di MAN 3 Stabat Dandim 0203/Langkat di SMK N 1 Stabat, Kapolres Langkat di SMP N 1 Stabat, Kajari Langkat di SMP N 5 Stabat, ketua PN Stabat MTs N 3 Langkat, ketua PA Stabat di SMK Harapan Stabat.

Selanjutnya, Bupati Langkat  bertindak sebagai Irup,  pada upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI  ke-74, di lapangan Alun-Alun T. Amir Hamzah.

Pembaca teks proklamasi Ketua DRPD Langkat Surialam, bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Arhanuds Utoyo, perwira upacara Danramil 07/Stabat, Pasukan paskibra yang di komandoi oleh M. Zulham Harahap, siswa dari SMA Negeri 1 Stabat dengan pembawa duplikat sang merah putih (Baki) Rindi Andini siswi dari SMA Sri Langkat Tanjung Pura.

Pada upacara tersebut, Bupati Langkat  juga menyematkan pin penghargaan satya lencana karya satya kepada 7 orang ASN Pemkab Langkat, yang telah mengabdi dari kurun waktu 10, 20 sampai 30 tahun.

Sedangkan pada malam harinya, Bupati dan Wakil Bupati Langkat melaksanakan upacara renungan suci,  bertindak sebagai Irup Kapolres Langkat. Renungan suci ini salah satu dari rangkaian kegiatan menyambut HUT RI, di Taman Mahkamah Pahlawan Pangkalan Brandan, sekitar pukul 00:00 WIB.

Disetiap kegiatan Bupati  didampingi oleh usur Forkopimda Langkat, Wakil Bupati Langkat, Sekdakab Langkat dan para kepala SKPD Pemkab Langkat, Komandan TNI/Polri, Ormas dan OKP Langkat, tokoh pemuda/agama/masyarakat Langkat

Penulis:

Baca Juga