Bupati Langkat Lantik 614 Anggota BPD Langkat Hulu

Medanmerdeka.com – Sebanyak 614 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Langkat Hulu.

Pengambilan sumpah dan janji anggota BPD dilakukan diruang terbuka, Selasa (6/11/2018) di lapangan bola kaki Polsek Kuala, oleh Bupati Langkat H Ngongesa Sitepu SH.

Ngongesa Sitepu dalam arahan dan bimbingannya mengatakan, anggota BPD secara kedudukan harus memiliki visi misi yang sejalan dengan kebijakan Kepala Desa (Kades).

Namun begitu, sambung Ngongesa, BPD harus bekerja sesuai fungsinya, yaitu sebagai pengawas kinerja Kades. “Tanggungjawab ini harus dilakukan dengan baik dan benar, sehingga kinerja Kades benar-benar sesuai Perdes untuk membangun Langkat lebih maju lagi,” tegasnya.

Disamping itu, lanjut bupati, fungsi BPD adalah menyusun rancangan Peraturan Desa (Perdes), dimulai dari penyiapan Perdes  tentang RPJM -Des, RKP-Des, APB-des sampai dengan Perdes yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan strategis Desa, dalam mengembangkan segala potensi dan kearifan Desa, yang sebelumnya diambil melalui penyaringan berbagai aspirasi dari masyarakat.

“Karena BPD dan Kades sama-sama memilki fungsi strategis dalam menyiapkan kebijakan pemerintahan Desa,”paparnya.

Selanjutnya H Ngogesa mengucapakan terimakasih kepada BPD priode 2012-2018 atas darma baktinya dan kerja kerasnnya selama ini dalam membangun Desa dan kepada seluruh pemerintah Desa dan panitia pengisian BPD priode 2018-2024.

Serta mengucapakan selamat kepada seluruh BPD priode 2018-2024 terpilih yang telah diambil sumpah janjinya.

“Masyarakat telah memberikan kepercayaannya  kepada bapak/ibu semuanya, sebagai wakil mereka di Desa, untuk itu jagalah kepercayaan itu, dengan menjalankan tugas  dengan amanah, sesuai dengan kewenangan dan  fungsinya.  Perlu diingat, amanah ini akan  dipertanggung jawabankan dunia dan diakhirat,” katanya, mengingatakan.

Kadis PMD Langkat Drs Jaya Sitepu dalan laporannya, menjelaskan, anggota BPD terpilih se Langkat Hulu yang diambil sumpah/janjinya berjumlah 614 orang, dengan rincian BPD keterwakilan perempuan sebanyak 100 orang dan BPD keterwakilan Dapil sebanyak 514 orang.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan peresmian dan pengambilan sumpah/janji anggota BPD terpilih ini, dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 58 ayat 2 dan 3 UU No:6 tahun 2014 tentang Desa,”paparnya.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM, Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, ketua DPRD Langkat Surialam SE, unsur Forkopimda Langkat, para asisten dan staf ahli Bupati, para kepala OPD Pemkab Langkat, ketua KNPI Kabupaten Langkat, para Camat dan unsur Forkopim se Langkat Hulu, Kades dan anggota BPD priode 2018-2024 se Langkat Hulu.(mm)

Comment