Bupati Langkat Minta Dishub Tingkatkan Keselamatan Transportasi

LANGKAT – Dinas Perhubungan Kabupaten Langkat diminta untuk meningkatkan keselamatan transportasi darat dan laut.

Pesan ini disampaikan Bupati Langkat Terbit Rencana PA yang diwakilkan Asisten II Ekbangsos Drs Hermansyah dalam upacara peringatan Hari Kesadaran Nasional (HKN) Pemkab Langkat, Senin (18/3/2019) di halaman kantor bupati, di Stabat.

Untuk itu, Bupati mengimbau agar Dishub Langkat memperkuat sinergi, koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait, seperti Satlantas Polres Langkat.

Disamping itu, lanjutnya, Dishub juga harus memperkuat pengawasan dan pengaturan arus lalu lintas secara baik dan teratur, dengan melaksanakan pengamanan arus lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan,  serta melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat pengguna arus lalu lintas, baik darat dan laut.

“Hal ini agar masyarakat memahami dan mematuhi peraturan UU no 22 tahun 2009 tetang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), sehingga mewujudkan  rasa nyaman dan aman kepada seluruh pengguna jalan saat berkendara,” katanya.

Selain itu, harus dilakukan upaya- upaya dalam meningkatkan fungsi pengawasan dan pengaturan jalan, dengan melakukan perawatan dan perbaikkan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas dan alat pemberi isyarat lalu lintas.

Serta  melakukan perbaikan fasilitas dermaga tempat bersandar kapal penumpang, dan  melakukan fungsi pengawasan terhadap perlengkapan keselamatan yang ada di dalam kapal angkutan barang maupun kapal angkutan penumpang umum.

“Hal ini untuk kelancaran, ketertiban dan  keamanan penyelenggara transportasi, sebab keselamatan dalam mengunakan trasportasi lalu lintas baik didarat maupun dilaut,  merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat ditawar lagi,”tegasnya.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga