Bupati Langkat Targetkan OPD Raih Opini WTP

LANGKAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten I Pemerintahan Abdul Karim,  memimpin apel gabungan Aparatur Sipil Negri (ASN)  dijajaran Pemkab Langkat,  di Halaman Kantor Bupati Langkat,  Stabat,  Senin (12/8/2019).

Asisten I pada teks arahan Bupati,  kembali mengingatkan kepada pimpinan OPD untuk mewujudkan tercapainya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pada penyajian laporan keuangan Pemkab Langkat tahun 2019, dengan serius dan penuh tanggung jawab. Terutama kepada dinas yang menjadi pengecualian  dari opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) tahun 2018.

“Hasil kerja tersebut beserta staf akan menjadi bahan pertimbangan dalam melakukan evaluasi,”sebutnya.

Hal ini dilakukan, sambung Abdul Karim,  sebagai tindak lanjut rekomendasi BPK RI dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2018. Untuk itu,  di intruksikan kepada Sekdakab dan Inspektur serta kepala BPKAD Langkat, melakukan pemantauan dan evaluasi   serta memfasilitasi dan memberikan Bintek dalam penyempurnaan dan pengelolaan aset secara berkala, baik aset tetap maupun persediaan.

“Kemudian langkah – langkah yang telah dilakukan oleh seluruh perangkat daerah tersebut, agar segera di laporkan secara periodik kepada Bupati,”terangnya.

Dengan begitu, sambung Karim, harapannya kedepan tidak ditemukan lagi hal yang membuat Pemkab Langkat tidak memperoleh WTP. Yaitu permasalahan KAS dan setara KAS, belanja barang, belanja modal,  masalah pengeloaan persediaan atau stok barang, penatausahaan aset tetap, sistem pengendalian interen yang lemah dan ketidak patuhan terhadap ketentuan dan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Selanjutnya, Asisten I menjelaskan, sebelumnya Bupati  telah melakukan  kesedian menandatangani pernyataan komitmen peningkatan opini di hadapan kepala BPK RI perwakilan Sumut pada 26 juni 2019 lalu.

Juga telah meminta kepada seluruh pimpinan OPD, untuk menandatangani pernyataan kesanggupan dan tanggung jawab atas terlaksananya pengeloaan keuangan dan barang milik daerah di unit kerja masing - masing. “Sebagai tekad dan bentuk komitmen untuk peningkatan opini atas laporan keuangan Pemkab Langkat,”cetusnya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga