Bupati Terbit Gagas Perbup Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan

LANGKAT – Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Sekda dr.H.Indra Salahudin memimpin rakor peningkatan penerapan disiplin protokol kesehatan, di rumah dinas bupati, Senin (14/9/2020). Hal ini untuk menekan lanju pandemi COVID-19.

Di hadapan para asisten, staf ahli dan jajaran OPS, Bupati Terbit menegaskan rakor dilakukan untuk menetapkan Peraturan Bupati (Perbup), sebagai dasar pelaksanaan penerapan disiplin protokol kesehatan COVID, sekaligus dasar dilakukanya penindakan dalam melakukan pencegahan.

“Hal ini harus dilakukan untuk mencegah penyebaran corona di tengah-tengah masyarakat, sehingga perkonomian berjalan normal dengan prinsip menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya.

Penerapan disiplin protokol kesehatan sejalan dengan Instruksi Presiden No: 6 tahun 2020 serta Instruksi Mendagri  No: 4 tahun 2020 tentang pedoman teknis peraturan Kepala Daerah, dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Bupati berharap, agar para peserta rapat, memberikan saran dan masukannya terkait Perbup yang akan dirumuskan bersama demi menegakkan peraturan tentang protokol kesehatan COVID-19.

"Saya mengharapkan adanya saran dan masukan dari kita semua di sini, dalam merumuskan Perbup ini supaya tercipta Perbup yang sesuai di masyarakat" ujarnya.

Selain itu, Bupati juga meminta, agar apa yang sudah dibahas dapat terfokus pada action (tindakannya), tidak hanya secara teori. "Saya tegaskan bahwa Action (tindakan) yang harus diutamakan dalam penegakan hukum protokol kesehatan," tuturnya.

Sementara Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin, menerangkan, Peraturan Bupati (Perbup) bertujuan untuk meningkatkan disiplinan dan partisipasi warga masyarakat serta para pemangku kepentingan untuk mencegah meningkatnya penularan dan penyebaran COVID-19.

Mendorong warga masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta memiliki kesadaran mematuhi protokol kesehatan.

Mendorong terciptanya pemulihan berbagai aspek kehidupan sosial dan ekonomi warga masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Sembari menjelaskan,nantinya dalam penerapan sanksi administratif di laksanakan oleh Sat Pol PP berkordinasi dengan instansi terkait, serta Kodim 0203/Langkat dan Polres Langkat.