Cegah COVID-19, Pemkab Langkat Siapkan 2,640 Tenaga Medis

LANGKAT – Bupati Langkat Terbit Rencana PA melaporkan perkembangan pencegahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19) dengan melakukan video konfrensi bersama Gubernur Sumut, H.Edy Rahmayadi. Dalam menghadapi bencana global ini, Langkat menyiapkan 2.640 tenaga medis.

Laporan dua arah ini disampaikan Bupati Terbit dari kediaman Bupati di Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala Langkat, didampingi Sekdakab Indra H.Salahudin dan Kadis Kominfo H.Syahmadi, serta tin Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19, Selasa (24/3/2020).

Dalam laporan ini, Terbit menyampaikan terdapat 7 warga yang masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP) sepulang menjalankan wisata rohani dari Jerusalem. Dari hasil identifikasi, 3 diantaranya merupakan warga Kota Binjai. Yang masuk Dari hasil pemantauan 14 hari keseluruhannya sudah dinyatakan sehat,” kata Bupati.

Hingga kini, sambung Bupati, Tim Satgas Gugus Covid-19, masih melakukan pemantauan sejumlah warga yang pulang dari luar daerah yang terjangkit Covid-19.

“Satgas bersama Forkopimda TNI/Polri, Camat dan Lurah melakukan pemantauan dan pengawasan untuk mengedukasi masyarakat yang dicurigai agar memeriksakan diri. Langkah ini lebih efektif melakukan pencegahan daripada mengobati,” ujarnya.

Disamping itu, Pemkab Langkat juga sudah membentuk posko di 30 Puskesmas serta 5 rumah sakit rujukan, yakni RSUD Tanjung Pura, RSU Bidadari, RSU Pertamina Pangkalan Brandan, RSU Delia dan RSU PTPTN II Tanjung Selamat.

Untuk menangkal berita hoax, pemerintah daerah juga membuat aplikasi di melalui website www.coronainfo.langkatkab.go.id, yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Coronainfo diharapkan menjadi acuan masyarakat baik perkembangan terkini serta menjadi sarana sosialisasi.

Untuk penanganan pasien, Pemkab Langkat menyiapkan tenaga medis dan para medis, yakni 177 tenaga sepesialis, 6 spesialis paru, 14 penyakit dalam, 189 dokter umum, 803 perawat, 1302 bidan, 97 tenaga promkes, 35 tenaga sanitarian, 58 tenaga farmasi dan 19 ahli teknologi Lab Medik dengan total 2,640 orang.