Distan Percepat Proses Berkas PSR Poktan Gaharu Indah Langkat

Kepala Dinas Pertanian Langkat Nazaruddin. (Foto: MEDANmerdeka/Istimewa)

LANGKAT – Pemkab Langkat mengajukan program peremajaan sawit rakyat (PSR) kelompok tani (Poktan) Gaharu Indah ke Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Pertanian Langkat Nazaruddin pihaknya hingga kini tinggal menunggu balasan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian.

Jika surat sudah turun, maka Dinas Pertanian akan mengirimkan surat calon peserta lahan. Selanjutnya Dirjen Perkebunan akan akan menerbitkan surat rekomendasi ke Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Menteri Keuangan RI.

Dengan adanya persetujuan ini maka selanjutnya BPDPKS akan menerbitkan surat perjanjian tiga pihak, BPDPKS dengan BRI dan Poktan dihadiri Dinas Perkebunan Sumut dan Dinas Pertanian Langkat. “Perjanjian ini akan menjadi dasar dikeluarkannya bantuan untuk Poktan,” terang Nazaruddin, Minggu (21/2/2021).

Secara teknis, bantuan pemerintah nantinya akan disalurkan melalui bank yang diunjuk, yaitu BRI dan kemudian disalurkan ke Poktan. “Tidak ada biaya dalam proses ini, namun semua prosedur harus diikuti sesuai petunjuk pemerintah,” katanya.

Teknisnya, pihak Poktan mengirimkan berkasnya kepada Dinas Pertanian Langkat, untuk diverifikasi. Setelah lulus diverifikasi, berkas itu teruskan atau dikirim ke Dinas Perkebunan Pemprovsu, untuk kembali diverifikasi.

Setelah lulus diverifikasi dari Pemprovsu, sambung Nazaruddin, berkas baru dikirimkan ke Ditjenbun melalui aplikasi resemi Ditjenbun, Website http://program-psr.bpdp.or.id. Dan pengiriman berkas dikirim oleh pendamping atau operator masing-masing Poktan.