Hardiknas, Ribuan Guru Honor Langkat Terima Insentif

Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan penghargaan dan insentif kepada ribuan guru honor pada peringatan Hardiknas 2019.(Foto/mm)
Bupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan penghargaan dan insentif kepada ribuan guru honor pada peringatan Hardiknas 2019.(Foto/mm)

STABAT - Bupati Langkat Terbit Rencana PA memimpin peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di alun-alun Lapangan Tengku Amir Hamzah, Stabat, sekaligus memberikan insentif kepada 2520 guru honorer.

Mendikbud RI Muhadjir Effendy dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Langkat Terbit Rencana mengatakan, pelaksanaan Hardiknas diambil dari hari lahirnya Pahlawan Nasional, Ki Hajar Dewantara.

“Untuk  menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat dengan nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia berkemajuan,” kata Terbit.

Dalam perspektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan  dua penguatan, yaitu pendidikan karekter dan penyiapan generasi pendidik yang terampil dan cakap, dalam memasuki dunia kerja.

Untuk pendidikan karekter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan satun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan  disertai penanaman jiwa kewirausahan.

“Guna mencapai itu, membutuhkan professional kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia penddikan di tingkat pusat dan daerah,’sebutnya.

Saat ini, sambung Terbit, anggaran pendidikan sebesar 63 persen dikelola daerah, oleh karena itu perlu dingatkan terus menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif  dalam memanfaatkan dana APBN  baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK),  dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program – program prioritas.

Pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan SDM yang berkualitas  akan berjalan optimal, manakalah Pemda  dan segenap pemangku kepentingan  yang ada, proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

Dalam kesempatan ini, Bupati memberikan penghargaan berupa insentif untuk 2520 guru honorer tingkat SMP dan SD se Langkat. Dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada siswa siswi tingakat SD dan SMP pemenang Olimpiade Olahraga Siswa  Nasional (O2SN) dan pemenang perlombaan Majalah Dinding (Mading) tingkat Kabupaten Langkat.

Turut hadir wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, unsur Forkopimda Langkat, para pejabat sipil, TNI/Polri, serta pserta upcara lainnya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga