HKN ke-55, Momentum Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

LANGKAT - Wabup H. Syah Afandin menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, tingkat Kabupaten Langkat dengan tema "Generasi Sehat Indonesia Unggul”, Selasa (12/11/2019).

Wabup Syah Afandin mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan momentum HKN untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.

“Momentum ini sejalan dengan arah pembangunan kesehatan Langkat, peningkatan kualitas derajat kesehatan masyarakat. Melalui peningkatan pelayanan kesehatan yang murah, mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat,” tegas Afandin.

Program pembangunan kesehatan ini juga sejalan dengan prioritas Presiden RI Joko Widodo, yakni  pembangunan SDM untuk mewujudkan generasi sehat agar Indonesia unggul. Pembangunannya dengan berpilar kepada paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan jaminan kesehatan.

Karena, sambung Afandin, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, memerlukan  inovasi mengingat era semakin modren, dinamis dan cepat berubah sehingga tantangan dan masalah yang dihadapi juga semakin rumit.

Oleh karena itu, Wabup mengajak pemerintah daerah, dunia usaha, akademis dan praktisi, semuanya harus ambil bagian untuk mendukung pembangunan kesehatan masyarakat.  Agar masyarakat semakin mengerti  pentingnya perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat – tempat umum dan fasilitas lainnya.

“Intinya berupaya melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup SEHAT (Germas), agar peningkatan kesehatan benar-benar terwujud,”ujarnya.

Sembari menyampaikan penghargaan dan penghormatan  kepada para insan kesehatan di Langkat, yang telah bahu membahu  berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan masyarakat.

Sementara, Kadis Kesehatan Langkat dr. Sadikun Winato, menerangkan, hakekat pembangunan kesehatan tersebut, sesuai dengan visi Pemkab Langkat yakni menjadikan Langkat maju, sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan.

Namun, kata dr. Sadikun, Dinkes lebih fokus  kepada misi kedua, yakni peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat, perlindungan kesehatan masyarakat, dengan upaya kesehatan yang bermutu, ketersediaan dan  pemerataan sumber daya kesehatan serta terciptanya tata kelola pelayanan kesehatan yang baik.

Dipengujung kegiatan, Wabup menyerahkan penghargaan dalam bidang kesehatan dalam rangka peringatan HKN kepada 9 orang . Serta penyerahan cendramata kepada PNS Purna Bakti dan  hadiah lomba senam Lansia dan Balita Sehat kepada 18 orang.

Turut hadir unsur Forkopimda, para pejabat Pemkab Langkat, ketua dan wakil ketua PKK Langkat, pimpinan Bank Sumut, BPJS cabang Medan, keluarga besar insan kesehatan se Langkat dan undangan lainnya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga